Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Selain Permata, Bank-Bank Ini juga Laporkan Karyawan Positif Corona

Penyebaran virus corona bisa mengenai siapa saja, termasuk perkantoran yang menjadi salah satu klaster tertinggi penyebaran Covid-19 di Jakarta.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 28 September 2020  |  19:58 WIB
Pemeriksaan tes swab di Puskesmas Kecamatan Kemayoran, Selasa (9/6/2029).  - Antara
Pemeriksaan tes swab di Puskesmas Kecamatan Kemayoran, Selasa (9/6/2029). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Penyebaran virus corona semakin meluas. Pada Senin (28/9/2020), Kementerian Kesehatan mencatat penambahan 3.509 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia. Dengan demikian, total kasus pasien positif Covid-19 menjadi 278.722 orang.

Penyebaran virus corona bisa mengenai siapa saja, termasuk perkantoran yang menjadi salah satu klaster tertinggi penyebaran Covid-19 di Jakarta. Untuk memutus rantai penularan, beberapa bank telah melakukan tes PCR swab di kantor operasionalnya.

Berikut sejumlah bank yang mengumumkan karyawannya terpapar Covid-19 sebulan terakhir, yang dihimpun Bisnis:

1. Bank Permata

Hari ini (28/9/2020), Bank Permata mengumumkan sekitar 86 karyawannya terkonfirmasi positif Covid-19 dan berstatus OTG (Orang Tanpa Gejala). Hasil pemeriksanaan ini berasal dari tes PCR swab yang dilakukan terhadap 2.333 karyawan tetap maupun outsource di tower Bintaro.

Direktur Utama Bank Permata Ridha D.M. Wirakusumah mengatakan sesuai kebijakan perusahaan, pihaknya segera menindaklanjuti dengan langkah-langkah seperti contact tracing, isolasi mandiri bagi karyawan yang terpapar, melakukan disinfektasi menyeluruh serta mengatur operasional bank untuk menjaga kesehatan dan keamanan karyawan dan nasabah. Bank Permata pun berkoordinasi dan bekerja sama dengan pemerintah provinsi Banten dan Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 sesuai dengan protokol yang berlaku untuk menindaklanjuti hasil tes tersebut.

"Untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19, kami berkomitmen untuk berperan aktif di lingkungan PermataBank mengingat kami temasuk salah satu dari 11 sektor usaha yang wajib beroperasi sebagai penggerak roda perekonomian dan penyedia layanan fundamental bagi masyarakat. Semoga usaha kami ini bisa membantu percepatan upaya penanganan Covid-19 di negara kita tercinta,” katanya dalam keterangan resmi.

2. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Selain di Jakarta, sejumlah karyawan bank di daerah juga terpapar virus corona. Terbaru, layanan BRI Padang ditutup tiga hari setelah 74 karyawannya terkonfirmasi positif Covid-19 pada 21 dan 22 September 2020.

3. PT Bank Syariah Mandiri

Mandiri Syariah Region 1 Medan pada awal September mengumumkan sebanyak 14 karyawan Bank Syariah Mandiri (BSM) Kuantan Singingi (Kuansing) Provinsi Riau positif Corona setelah dilakukan tes swab sebagai tindak lanjut kasus positif Corona kepala BSM tersebut. Dengan demikian, kasus positif corona dari klaster BSM Kuansing menjadi 15 orang.

"Berkat penanganan yang baik, karyawan yang positif sudah dinyatakan sembuh dan diminta pulang ke rumah untuk menjalankan isolasi mandiri," terang Wisnu Sunandar, Regional CEO Mandiri Syariah Region 1 Medan, dalam keterangan resmi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan Virus Corona covid-19
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top