Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Karyawan melintas di depan logo PT Astra International Tbk. - Bloomberg / Dimas Ardian
Premium

Wih! ASII Borong Saham Aviva di Astra Life

14 Oktober 2020 | 16:21 WIB
Astra International (ASII) meminta pihak terkait dalam aksi borong saham milik Aviva Plc, London ini menyampaikan penolakan jika merasa keberatan.

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah lama tidak terdengar kabar, akuisisi saham Aviva Plc. dari Inggris oleh PT Astra International Tbk. (ASII) segera direalisasikan.

Astra akan membeli saham Aviva Plc. yang ada di PT Astra Aviva Life (Astra Life). Perusahaan asuransi jiwa yang dibangun kedua konglomerasi 6 tahun lalu.

Astra dan Aviva menguasai saham Astra Life dengan komposisi sama besar. Yakni Astra International sebesar 49,999962 persen, Aviva Holdings International Ltd. (Aviva) sebesar 49,999962 persen, dan Koperasi Astra International (KAI) sebesar 0,000076 persen.

Dalam akuisisi ini Astra menunjuk Sedaya Multi Investama (SMI) untuk mengambil alih seluruh saham Aviva.

SMI merupakan perusahaan cangkang yang berfungsi menjalankan lini keuangan Astra atau dikenal dengan Astra Financial. Lini ini meliputi perusahaan pembiayaan, hingga asuransi.

“Rencana pengambilalihan akan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan di dalam anggaran dasar perseroan, Undang-undang No. 40/2007 tentang perseroan terbatas dan persetujuan Otoritas Jasa Keuangan,” jelas manajemen Astra dalam pengumumannya, Rabu (14/10/2020).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top