Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pintek Instant, Pinjaman Online Khusus Biaya Pendidikan Meluncur Hari Ini

Pintek Instant diharapkan bisa memenuhi kebutuhan pendidikan anak jarak jauh seperti laptop maupun gawai.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 15 Oktober 2020  |  17:09 WIB
Seorang siwa tengah mengerjakan tugas sekolah dari rumah di Bandung. - Bisnis/Dea Andriyawan
Seorang siwa tengah mengerjakan tugas sekolah dari rumah di Bandung. - Bisnis/Dea Andriyawan

Bisnis.com, JAKARTA - Pintek, perusahaan teknologi finansial (peer-to-peer lending) yang fokus di sektor pendidikan  meluncurkan Pintek Instant.

Pintek Instant merupakan peningkatan program dan merupakan bagian dari Pintek Students, yang memberikan keringanan bagi orang tua agar dapat mencicil biaya pendidikan, mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini hingga Pendidikan Tinggi.

Co-Founder dan Direktur Utama Pintek Tommy Yuwono mengatakan dengan Pintek Instant, diharapkan dapat memberikan pilihan cerdas bagi orang tua dalam kebutuhan pendidikan anak, mulai dari Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP), buku, wisuda hingga pembelian kebutuhan pendidikan jarak jauh seperti laptop maupun gawai.

"Inisiatif Pintek Instant diawali dari permasalahan yang dihadapi oleh orang tua selama pandemi. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan bahwa sekolah swasta menjadi institusi yang paling rentan terhadap krisis," katanya saat meluncurkan Pintek Instant secara virtual pada Kamis (15/10/2020).

Lebih lanjut, Tommy menyebut bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selama ini menerima banyak keluhan terkait terkait penundaan pembayaran sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) karena banyak orang tua yang tidak membayar dikarenakan berkurang atau hilangnya mata pencaharian orang tua peserta didik.

“Sejak awal, kami menjaga komunikasi baik dengan mitra kami yaitu lembaga pendidikan swasta. Melalui tim kami yang melakukan pendekatan di lapangan, memang banyak ditemukan adanya kesulitan pemenuhan kebutuhan pendidikan bagi orang tua peserta didik tingkat SD hingga SMA.

Menyadari hal tersebut, kami ingin membantu permasalahan tersebut,” tuturnya.

Tommy menjelaskan Pintek Instant mempunyai limit pinjaman hingga Rp5 juta dengan tenor mulai dari 30 hari hingga 3 bulan dengan bunga ringan, mulai dari 0%. Pengajuan yang mudah dan instant hanya dengan menggunakan KTP juga menjadi keunggulan dari produk ini.

Dengan demikian, Pintek Instant diharapkan dapat membantu orang tua dalam memberikan rasa aman dalam memberikan pendidikan terbaik bagi buah anak. Pintek juga mengundang seluruh lembaga pendidikan untuk bekerja sama dalam memberi fasilitas ini ke seluruh orang tua murid serta bermitra dengan perusahaan Education Technology.

Kuseryansyah, Ketua Harian Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) menambahkan saat ini, teknologi finansial khususnya peer-to-peer lending telah menyasar berbagai sektor di Indonesia, termasuk sektor pendidikan.

Dirinya berharap dengan adanya inovasi yang telah dilakukan oleh Pintek dapat meningkatkan kontribusi fintech lending terhadap sektor pendidikan di Indonesia.

"Kami mendukung penuh Pintek melalui Pintek Instant dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat di Indonesia untuk akses kredit diharapkan dengan adanya inovasi dapat berkontribusi terhadap peningkatan inklusi keuangan di Indonesia,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

online pembelajaran online Pinjaman Online
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top