IIAIS 2020, BRI Perkenalkan BRIBrain “Otak” Dibalik Semua Kecanggihan Teknologi BRI

Dengan berbasis Big Data dan Artificial Intelligence (AI), BRI memperkenalkan BRIBrain, sebuah kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh Bank BRI.
Ilustrasi kecerdasan buatan atau artificial intelligence AI
Ilustrasi kecerdasan buatan atau artificial intelligence AI

Bisnis.com, JAKARTA – Bank BRI (BBRI) ikut berpartisipasi dalam perhelatan teknologi : Inovasi Indonesia Artificial Intelligence Summit 2020 (IIAIS 2020) yang diselenggarakan dari tanggal 10 hingga 13 November 2020 di Jakarta.

Pameran produk inovasi berbasis kecerdasan buatan ini dilaksanakan menggunakan konsep pameran virtual, webinar series, dan poster session. Acara yang diselenggarakan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) ini merupakan ajang untuk menunjukkan kemampuan Indonesia dalam teknologi kecerdasan buatan.

Acara yang dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo, dengan didampingi oleh Menteri Riset dan Teknologi Bambang Permadi Soemantri Brojonegoro, Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Hammam Riza bertujuan sebagai ajang bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengembangkan teknologi artificial dan menemukan inovasi-inovasi baru dalam bidang tersebut.

Pada kesempatan ini, BRI berkesempatan menunjukkan hasil inovasi dalam kecerdasan buatan. Dengan berbasis Big Data dan Artificial Intelligence (AI), BRI memperkenalkan BRIBrain, sebuah kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh BRI untuk menyimpan, memproses, dan mengkonsolidasikan segala informasi dari berbagai sumber.

“BRIBrain menjadi “otak” bagi BRI dalam mengambil keputusan bisnis yang tepat dan presisi untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan yang ditawarkan oleh aplikasi - aplikasi BRI, “ ungkap Direktur Digital, Teknologi Informasi, dan Operasi Bank BRI Indra Utoyo.

Indra juga mengunngkapkan, bahwa kehadiran BRI dalam acara ini sebagai bentuk dukungan Bank BRI bagi perkembangan inovasi dalam bidang kecerdasan artificial yang saat ini sangat dibutuhkan dalam memudahkan berbagai pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, sejumlah pakar dan tokoh nasional seperti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi  RI Luhut Binsar Pandjaitan, Data & Artificial Intelligence Specialist, Microsoft Indonesia  Fiki Setiyono, dan pakar Artificial Intelligence Facebook, Yann LeCun, yang juga merupakan pionir dalam pengembangan teori Neural Network, khususnya dalam Deep Learning AI juga ikut memberikan pemaparan kepada para partisipan.

Peserta virtual expo IIAIS tahun ini, terdiri dari sejumlah lembaga pemerintah, seperti KPK, Kemdikbud, Kemenperin, BPS, Kemenkominfo, Kementerian PAN-RB, dan BPPT. Selain itu, sejumlah perguruan tinggi negeri, start-up, dan berbagai asosiasi lainnya juga ikut berpartisipasi.

Kecerdasan BRIBrain sendiri merupakan sistem kecerdasan buatan yang memiliki 4 keunggulan, yakni pertama, sistem penilaian BRILink (BRILink Score). Dengan BRIBrain, penilaian kelayakan calon Agen BRILink dilakukan secara praktis dan realtime. Kedua, BRIBrain membuat proses penilaian kredit (Credit Scoring) menjadi lebih akurat. Pendekatan machine learning membuat kelayakan kredit calon debitur menjadi lebih cepat, minim resiko, sehingga persetujuan, dan pencairan pinjaman pun dapat dilakukan secara instan, dan risiko kredit macet bisa diminimalisir.

Ketiga, BRIBrain membantu BRI memetakan profil nasabah secara tepat sehingga pendekatan komunikasi dengan nasabah menjadi cepat dan akurat (Customer Profiling Score). Keempat BRIBrain membuat BRI lebih cepat menemukan potensi tindakan kejahatan perbankan, seperti penipuan atau fraud yang dapat menimpa nasabah atau perseroan (Fraud Score). BRIBrain dapat menemukan anomali dan tindak kejahatan pada transaksi dengan cepat.

Kehadiran BRIBrain akan memudahkan pengambilan keputusan bisnis dengan tingkat risiko terukur dan memberikan input informasi yang lebih luas lagi dalam proses pengelolaan bisnis yang prudent, secure, dan dapat diandalkan. Pada ujungnya, dapat meningkatkan kepecayaan nasabah dan stakeholder kepada BRI,“ tambah Indra Utoyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper