Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FWD Genggam 29,86 Persen Saham BRI Life, Siap Perkuat Bisnis Asuransi

BRI tetap menjadi pemegang saham mayoritas di BRI Life dengan kepemilikan saham 63,83 persen.
Logo BRI Life/Istimewa
Logo BRI Life/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — FWD Financial Services Pte. Ltd secara resmi menjadi pemegang 29,86 persen saham PT Asuransi BRI Life. FWD pun menjadi satu-satunya pemegang saham di luar lingkungan BRI.

Hal tersebut tercantum dalam keterbukaan informasi PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BRI) pada Selasa (2/3/2021). FWD tercatat melakukan penambahan modal 936.458 saham terhadap BRI Life melalui penerbitan saham baru.

Pasca transaksi tersebut, FWD mencatatkan kepemilikan 29,86 persen saham BRI Life dari total 3,13 juta lembar saham. Adapun, 2 juta lembar saham atau 63,83 persen saham dimiliki oleh BRI dan 197.978 lembar saham atau 6,31 persen dimiliki oleh Yayasan Kesejahteraan Pekerja BRI.

"Sehubungan penambahan modal, perseroan tetap sebagai pemegang saham pengendali dan pengkonsolidasi [BRI Life]," tulis Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto dalam keterbukaan informasi tersebut, Selasa (2/3/2021).

Dia menjelaskan bahwa transaksi dilakukan dalam rangka mendukung pengembangan bisnis BRI Life. Penambahan saham itu dinilai dapat mencapai aspirasi perseroan untuk menyediakan layanan keuangan terintegrasi bagi masyarakat.

Sebelumnya, kerja sama strategis jangka panjang FWD dan BRI Life telah tercantum dalam rencana transaksi di keterbukaan informasi pada 19 Juni 2020. Sebagai bagian dari proses kerja sama, FWD telah menandatangani Conditional Share Subscription Agreement (CSSA) dengan grup BRI.

Direktur Utama BRI Sunarso menyatakan bahwa kemitraan antara kedua grup keuangan menunjukkan bahwa Indonesia masih menarik bagi investor luar negeri.

“Kami senang dapat bekerja sama dengan FWD, salah satu perusahaan asuransi terdepan di Asia. FWD akan menyuntikkan modal kepada BRI Life, namun BRI masih akan menjadi pemegang saham mayoritas di BRI Life. Setelah transaksi tuntas, BRI dan BRI Life akan membuat perjanjian kerja sama selama 15 tahun untuk mengembangkan bisnis asuransi jiwa,” ujar Sunarso.

Dia pun meyakini kerja sama tersebut akan berdampak positif bagi semua pihak, termasuk para nasabah dan pemangku kepentingan lainnya. Bagi BRI, kerja sama ini akan memperkuat value proposition bagi para nasabahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper