Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BFIN: Portofolio Restrukturisasi Pembiayaan Turun Lebih dari Separuh

Nilai piutang restrukturisasi pembiayaan di BFI Finance berkurang signifikan per September 2021.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 23 Oktober 2021  |  19:45 WIB
Karyawati memberikan penjelasan kepada nasabah di kantor BFI Finance di Jakarta. - JIBI/Endang Muchtar
Karyawati memberikan penjelasan kepada nasabah di kantor BFI Finance di Jakarta. - JIBI/Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA — PT BFI Finance Indonesia Tbk. (BFIN) menyatakan bahwa nilai piutang restrukturisasi pembiayaan per kuartal III/2021 tersisa 14,8 persen dari total piutang. Jumlah itu turun lebih dari setengah dibandingkan dengan portofolio restrukturisasi setahun sebelumnya.

Direktur Keuangan BFI Finance Sudjono menjelaskan bahwa per 30 September 2021, saldo restrukturisasi pembiayaan yang tersisa terus menurun menjadi sekitar Rp2 triliun atau 14,8 persen. Pada kuartal III/2020, nilai piutang restrukturisasi senilai Rp5,2 triliun mencapai 35,5 persen dari total saldo.

“Perusahaan telah menetapkan nilai pencadangan yang cukup besar untuk mengantisipasi potensi kerugian atas kontrak-kontrak tersebut yang macet dan terus melakukan upaya-upaya untuk memastikan nilai restrukturisasi yang tersisa dapat terselesaikan dengan baik,” ujar Sudjono pada Sabtu (23/10/2021).

Menurutnya, dari nilai piutang yang direstrukturisasi, 86,8 persen di antaranya telah kembali melakukan pembayaran angsuran normal. Hal tersebut menunjukkan kondisi perekonomian yang lebih baik sehingga debitur mampu mengangsur secara normal.

Sudjono menjabarkan bahwa nilai piutang pembiayaan BFIN mencapai Rp13,7 triliun. Dari jumlah tersebut, porsi terbesar berasal dari pembiayaan mobil bekas yang mencapai 71,7 persen.

Setelah itu, komposisi pembiayaan selanjutnya adalah alat berat dan mesin 13,7 persen. Adapun, pembiayaan motor bekas mencapai 9,3 persen.

"Porsi pembiayaan 5,3 persen BFIN diisi oleh pembiayaan property-backed financing [PBF], mobil baru, dan syariah," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bfi finance pembiayaan Kinerja Emiten
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top