Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tapering The Fed Bakal Lebih Cepat, Ini Langkah BI

Bank Indonesia telah menyiapkan langkah moneter terkait dengan tapering The Fed yang diprediksi lebih cepat.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 27 Oktober 2021  |  22:39 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (18/8 - 2020), Dok. Bank Indonesia
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (18/8 - 2020), Dok. Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memperkirakan kebijakan pengetatan moneter the Fed, Bank Sentral Amerika Serikat (AS), akan dilakukan lebih cepat dari perkiraan sebelumnya.

Menurutnya, kondisi global yang cenderung dinamis tersebut perlu terus diwaspadai meski dia meyakini dampak dari kebijakan tapering the Fed tidak akan sebesar dampak taper tantrum pada 2013.

“Kemungkinan Fed akan mulai lebih awal dalam melakukan pengurangan penambahan likuiditas atau tapering,” katanya dalam konferensi pers virtual KSSK, Rabu (27/10/2021).

Perry pun memperkirakan, kebijakan tapering the Fed akan berlangsung sepanjang 2022. Kemudian, kenaikan suku bunga the Fed diperkirakan akan mulai dinaikkan pada kuartal II/2022.

Meski demikian, dia mengatakan dampak dari tapering the Fed, terutama ke pasar keuangan domestik, tidak sebesar taper tantrum 2013.

Hal ini dikarenakan the Fed terus mengkomunikasikan kebijakannya itu dan antisipasi dari pasar pun jauh lebih baik dibandingkan dengan kondisi pada 2013.

Perry mengatakan, antisipasi yang dilakukan BI saat ini adalah memastikan aliran modal asing tetap masuk ke pasar keuangan domestik, dengan mengukur perbedaan tingkat imbal hasil surat berharga negara (SBN) dengan obligasi pemerintah AS.

Di samping itu, BI terus berupaya menjaga stabilitas nilai tukar rupiah, dengan kebijakan triple intervention.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia Kebijakan The Fed
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top