Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Karyawan mengamati pergerakan saham di galeri PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (19/11/2020). - Bisnis/Arief Hermawan P
Lihat Foto
Premium

Lomba Jaga Napas ADMF, HDFA, BPFI, CFIN, Hingga TIFA, Ini Arah Sahamnya

Rilis kinerja 7 dari 12 emiten sektor pembiayaan alias multifinance yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) masih terasa betul, seiring adanya koreksi pendapatan yang dibukukan 6 dari 7 emiten.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com
01 November 2021 | 18:47 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Terhitung hingga Senin (1/11/2021), 7 dari 12 emiten sektor pembiayaan alias multifinance yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) telah merilis kinerja keuangan terbarunya. Tekanan masih terasa betul, seiring adanya koreksi pendapatan yang dibukukan 6 dari 7 emiten.

Hanya PT Radana Bhaskara Finance Tbk. (HDFA) yang menunjukkan kenaikan pendapatan sepanjang 9 bulan awal 2021. Perusahaan ini juga berhasil membalikkan rugi menjadi laba secara year-on-year (yoy).

Sisa 6 emiten lain kompak mengalami penurunan pendapatan total. Namun, bukan berarti keenam emiten ini bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, kendati masih berkontraksi secara pendapatan atau top line, tidak sedikit di antara 6 nama tersebut yang tetap mampu membukukan pertumbuhan laba.

PT BFI Finance Indonesia Tbk. (BFIN) salah satunya. Sepanjang Januari-September 2021, perusahaan ini mampu membukukan pertumbuhan pendapatan hingga 52,9 persen, tepatnya dari Rp520,06 miliar menjadi Rp796,13 miliar. Padahal, di saat yang sama perseroan masih mengalami kontraksi pemasukan sekitar 17,8 persen.

Direktur Keuangan BFIN Sudjono membeberkan peningkatan tersebut terjadi karena faktor kenaikan pembiayaan baru sekitar 72,7 persen khusus pada kuartal III/2021. Permintaan yang pulih ini kemudian terjadi seiring menyusutnya beban pembiayaan dan beban penyusutan utang.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top