Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Minimalisir Risiko Nilai Tukar, Bank Mandiri Terus Dorong Transaksi LCS

Bank Mandiri telah membantu menyalurkan transaksi LCS pelaku usaha nasabah setia Bank Mandiri sejak tahun 2018, baik dalam mata uang MYR, THB, JPY dan CNY.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 18 November 2021  |  14:00 WIB
Keterangan Foto: Karyawati menghitung uang pecahan uang Rp100.000 di salah satu kantor cabang milik PT Bank Mandiri Tbk di Jakarta, Rabu (12/6 - 2019). Bisnis / Nurul Hidayat
Keterangan Foto: Karyawati menghitung uang pecahan uang Rp100.000 di salah satu kantor cabang milik PT Bank Mandiri Tbk di Jakarta, Rabu (12/6 - 2019). Bisnis / Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., telah sukses mengadakan Acara Webinar bertajuk “Local Currency Settlement Framework Indonesia-Tiongkok” untuk mendukung kebijakan Bank Indonesia terkait peningkatan penggunaan mata uang lokal.

Acara tersebut menghadirkan Duta Besar RI untuk Republik Rakyat Tiongkok dan Mongolia, H.E. Djauhari Oratmangun serta Direktur Treasury and International Banking Bank Mandiri, Panji Irawan sebagai Keynote Speakers serta Senior Vice President Bank Mandiri, Tri Nugroho sebagai narasumber.

Penggunaan mata uang lokal dalam bertransaksi dapat meminimalisir fluktuasi nilai tukar rupiah dan mengurangi ketergantungan dan permintaan terhadap USD. Selain itu, berbagai manfaat dapat dirasakan perusahaan dan perorangan yang memiliki kebutuhan tukar valas.

Melalui kuotasi harga langsung tanpa melalui USD, para pelaku transaksi tersebut dapat meningkatkan efisiensi biaya yang pada akhirnya dapat membantu menjaga stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan menjadi lebih terjaga dari berbagai risiko sistemik yang mungkin terjadi.

Bank Indonesia terus mendorong penggunaan mata uang lokal yang lebih luas dalam penyelesaian transaksi dengan berbagai negara mitra salah satunya Tiongkok yang diharapkan dapat mendukung stabilitas Rupiah melalui framework Local Currency Settlement (LCS) Indonesia-Tiongkok.

Bank yang ditunjuk untuk terlibat dalam implementasi ini adalah Appointed Cross Currency Dealer (ACCD) yang memiliki kredibilitas dalam memberikan fasilitas transaksi antar kurs sesuai dengan framework LCS.

Menurut Panji Irawan selaku Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri, sebagai salah satu Bank Appointed Cross Currency Dealer (ACCD), pihaknya terus beradaptasi dengan melakukan perubahan dan penyesuaian yang cepat di tengah kondisi perekonomian yang penuh tantangan di beberapa waktu terakhir ini. Bank Mandiri telah membantu menyalurkan transaksi LCS pelaku usaha nasabah setia Bank Mandiri sejak tahun 2018, baik dalam mata uang MYR, THB, JPY dan CNY.

Namun, terlepas dengan volume transaksi yang mengingkat setiap tahunnya untuk mata uang LCS tersebut, masih terdapat potensi peningkatan transaksi LCS yang dapat dilakukan untuk semakin mendukung penggunaan mata uang lokal dalam transaksi bilateral.

Dalam kesempatan tersebut, Tri Nugroho, Senior Vice President Bank Mandiri juga menyampaikan bahwa “Melalui kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, Bank Mandiri senantiasa menyediakan pengalaman terbaik transaksi bagi nasabah. Kemudahan dan kenyamanan transaksi dapat dinikmati nasabah melalui channel elektronik Bank Mandiri, dimana Transaksi LCS menjadi salah satunya yang dapat dijalankan melalui KOPRA by Mandiri, sebagai digital single access platform yang bertajuk Wholesale Digital Super Platform yang memudahkan nasabah Bank Mandiri dalam memenuhi kebutuhan transaksi wholesale."

Kopra by Mandiri merupakan layanan yang dapat menjadi pusat aktivitas informasi dan transaksi finansial bagi komunitas bisnis para pelaku usaha di segmen wholesale berikut ekosistemnya dari hulu ke hilir dengan melalui single access portal ke layanan digital existing seperti Mandiri Cash Management (MCM) 2.0, Mandiri Financial Supply Chain Management (MFSCM), Mandiri Global Trade (MGT), Mandiri e-FX, Mandiri Smart Account (MSA), dan Mandiri Online Custody”.

Panji Irawan menambahkan bahwa berbagai pencapaian dan penghargaan yang telah diraih juga membuktikan kredibilitas Bank Mandiri sebagai Top of Mind Bank bagi para pelaku bisnis.

Berbagai penghargaan yang telah diraih spenjang tahun 2021, antara lain: Indonesia Domestic Trade Finance Bank of The Year dari ABF Wholesale Banking 2021, Trade Finance Survey Indonesia Market Leader 2021, The Best FX Bank dari Alpha Southeast Asia tahun 2021, dan The Best in Treasury and Working Capital – SMEs tahun 2021.”

Beragam jenis manfaat yang dapat dirasakan oleh nasabah dengan bertransaksi di Bank Mandiri menjadikan Bank Mandiri sebagai partner keuangan terpercaya Anda. Tunggu apa lagi? Ayo segera bertransaksi Local Currency Settlement dI Bank Mandiri! Transaksi LCS? Bisnis lebih mudah, Bank Mandiri aja!

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan bank mandiri
Editor : Media Digital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top