Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wajib Ikuti 4 Strategi Investasi Ini, Agar Untung Saat 2022

Sebelum Anda mulai investasi, analisis berapa biaya yang harus Anda keluarkan dann hitung ulang, jika ada utang yang belum dilunasi.
Tips investasi/istimewa
Tips investasi/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Banyak strategi yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan untung saat investasi. Disiplin menjadi kunci yang sangat penting dalam  investasi.

Anda yang baru memulai atau masih bingung cara mana yang paling tepat, berikut ini empat strategi terbaik untuk investasi, dilansir dari Investopedia, Selasa (30/11/2021):

1. Nabung Otomatis

Berbagai aplikasi keuangan atau financial tech memberikan layanan menabung otomatis. Melalui aplikasi tersebut, dalam jangka waktu tertentu, dana akan didebit secara otomatis untuk investasi. 

Jika Anda tidak mau repot menggunakan aplikasi baru, gunakan bank yang telah Anda miliki. Tanyakan kepada pihak bank apakah ada layanan ini. 

2. Selesaikan Hutang Anda

Sebelum Anda mulai menabung, analisis berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk membawa utang yang sudah Anda miliki, dan pertimbangkan seberapa cepat Anda bisa melunasinya.

Jika Anda memiliki banyak utang berbunga tinggi, lebih masuk akal untuk melunasi setidaknya sebagian sebelum melakukan investasi. 

3. Pertimbangkan Pensiun 

Tujuan utama menabung dan berinvestasi, bahkan pada usia dini, seharusnya membantu memastikan bahwa Anda memiliki cukup uang setelah Anda berhenti bekerja. 

Jika perusahaan Anda menawarkan program pensiun, jangan abaikan. Bisa jadi program itu memiliki prospek yang bagus.

Perlu Anda ingat, jika uang Anda telah disimpan selama bertahun-tahun, akan ada lebih banyak dari yang Anda setorkan pada awal sehingga penarikan bebas pajak tersebut akan sepadan. Dalam kedua skenario, penghasilan dari apa yang Anda investasikan terakumulasi bebas pajak di dalam akun.

4. Investasikan Pengembalian Pajak Anda

Jika Anda merasa sulit untuk menghemat uang sepanjang tahun, pertimbangkan untuk menyisihkan sebagian atau seluruh pengembalian pajak Anda sebagai cara untuk memulai investasi. Ini adalah salah satu dari sedikit momen di tahun di mana Anda kemungkinan akan mendapatkan rejeki nomplok yang belum Anda andalkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper