Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips dan Cara Menabung Uang di Bank serta Keuntungannya!

Menyimpan uang di bank memiliki beberapa keuntungan bagi nasabahnya. Berikut keuntungan, tips dan cara menabung di bank untuk pemula.
Beberapa tips dan cara menabung di bank beserta keuntungan atau kekurangannya./Istimewa
Beberapa tips dan cara menabung di bank beserta keuntungan atau kekurangannya./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu alternatif menyimpan uang agar tetap aman adalah menabung di bank. Simak beberapa manfaat dan cara menabung di bank dalam artikel ini agar uang Anda tidak cepat habis.

Perlu diketahui, menabung adalah kegiatan menyimpan uang melalui produk tabungan di bank. Produk ini penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu.

Dilansir dari sikapiuangmu.ojk.go.id, pada umumnya bank akan memberikan buku tabungan yang berisi informasi seluruh transaksi yang dilakukan nasabah dan kartu ATM lengkap dengan nomor pribadi (PIN).

Salah satu karakteristik tabungan adalah adanya setoran awal minimal saat pembukaan rekening baru. Nominal setoran awal ini biasanya ditentukan oleh masing-masing bank.

Saat menabung di bank, Anda akan mendapatkan bunga atau bagi hasil yang besarnya ditentukan oleh bank. Pada umumnya, bunga atau bagi hasil dari produk tabungan lebih kecil dibandingkan dengan produk investasi atau deposito.

Dengan membuka tabungan di bank, Anda dapat memulai mengatur keuangan agar lebih hemat dan dapat mencapai tujuan finansial. Lalu, bagaimana cara menabung di bank?

Cara Menabung di Bank

Berikut beberapa prosedur menabung di bank, diantaranya:

  1. Tentukan tujuan menabung yang jelas untuk membantu Anda mengatur keuangan secara efektif.
  2. Siapkan dokumen yang diperlukan, seperti kartu identitas dan dokumen pendukung lainnya sesuai kebijakan bank.
  3. Siapkan dana setoran awal sesuai dengan ketentuan yang berlaku di bank yang Anda pilih.
  4. Pilih bank yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda, mempertimbangkan layanan, biaya, dan keamanan.
  5. Isi formulir yang diperlukan untuk membuka rekening tabungan, lengkapi dengan informasi yang benar dan akurat.
  6. Lakukan setoran awal untuk pembukaan rekening dalam jumlah minimal yang ditentukan bank.
  7. Membayar biaya administrasi yang telah ditetapkan oleh bank.
  8. Dapatkan kartu ATM dan akses layanan mobile/internet banking untuk memudahkan Anda mengakses dan mengelola tabungan Anda.
  9. Lakukan pengecekan saldo tabungan dan riwayat transaksi secara rutin untuk memantau perkembangan tabungan Anda.

Manfaat Menabung di Bank

Berdasarkan djkn.kemenkeu.go.id, menabung di bank memiliki beberapa manfaat, yaitu:

  • Belajar Menghargai Uang

Dengan menabung, Anda akan mengetahui proses mendapatkan dan mengumpulkan uang. Dengan demikian, Anda akan berpikir bagaimana cara menggunakan uang dengan bijak dan sesuai kebutuhan, bukan keinginan.

  • Belajar Hidup Hemat

Menabung dapat melatih kita untuk membedakan keinginan dan kebutuhan, sehingga tidak mudah menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak penting serta tidak berperilaku konsumtif.

  • Melatih Kemandirian

Menabung juga melatih kita berusaha mandiri dalam memenuhi kebutuhan tanpa meminta kepada orang lain, seperti membeli make-up, baju, atau barang lain yang diinginkan dengan cara menyisihkan uang jajan.

  • Belajar Disiplin

Kebiasaan menabung melatih kita untuk disiplin dalam mengatur keuangan karena saat memulai menabung harus menyisihkan uang jajan atau pendapatan. Dari sini, kita dilatih disiplin dan konsisten dalam menyisihkan uang untuk memenuhi target tabungan.

  • Mengatur Keuangan

Dari menabung, kita bisa membuat manajemen uang untuk kebutuhan sehari-hari, seperti membagi pos uang makan, uang jajan, dan seterusnya. Dengan begitu, kita belajar cara mengatur keuangan sesuai dengan porsi kita, tidak kelebihan tidak pula kekurangan.

  • Memahami Konsep Dana Darurat

Saat kita menabung, kita akan paham bahwa di kemudian hari kita tidak akan mengetahui apa yang akan terjadi, oleh karena itu penting untuk menyiapkan tabungan sebagai dana darurat bila ada hal-hal diluar perhitungan kita yang terjadi. Kita akan paham, betapa pentingnya memiliki dana darurat untuk keuangan dibandingkan harus memakai uang tersebut untuk hal yang tidak penting.

Keuntungan Menabung di Bank

Menabung di bank memiliki keuntungan dibandingkan menyimpan sendiri uang kita di rumah atau di celengan. Berikut beberapa keuntungan menabung di bank:

  • Aman

Uang disimpan dengan aman di bank, tidak mudah di curi maupun tercecer.

  • Terjamin

Tabungan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sesuai dengan ketentuan yang ada.

  • Berkembang

Bank akan memberikan bunga yang dihitung berdasarkan saldo tabungan.

  • Praktis

Terdapat kemudahan layanan perbankan elektronik 24 jam per hari antara lain ATM, SMS Banking, Mobile Banking, Internet Banking, Phone Banking dan Call Center.

  • Hemat

Kalau terbiasa menabung, Anda dapat menyisihkan uang dan terhindar dari kebiasaan membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.

Kekurangan Menabung di Bank

Selain memiliki keuntungan, menabung di bank juga ada kekurangannya, yaitu:

  • Biaya

Menabung di bank mungkin memerlukan biaya tertentu, tergantung pada jenis rekening dan layanan yang digunakan. Beberapa bank mungkin menarik biaya administrasi bulanan atau biaya transaksi tertentu. Oleh karena itu, sebaiknya nasabah mempertimbangkan biaya ini sebelum membuka rekening di bank.

  • Imbal hasil yang rendah

Meskipun bank menawarkan bunga atau imbal hasil yang kompetitif, tingkat imbal hasil yang diberikan oleh bank terkadang tidak selalu lebih tinggi dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya.

Saat ini, suku bunga deposito di bank umum rata-rata hanya berkisar antara 2 hingga 4 persen per tahun. Jika dibandingkan dengan investasi lain seperti saham atau properti, suku bunga deposito tergolong rendah.

Hal ini berarti bahwa jika Anda menabung di bank, potensi keuntungan yang bisa didapatkan juga terbatas. Jadi, jika nasabah mencari keuntungan yang lebih besar, menabung di bank mungkin bukan pilihan terbaik.

  • Inflasi

Dalam beberapa kasus, tingkat inflasi bisa lebih tinggi dibandingkan dengan imbal hasil yang ditawarkan oleh bank.

Ini berarti bahwa uang yang disimpan di bank mungkin tidak akan berkembang nilainya seiring waktu, dan bahkan bisa mengalami penurunan nilai jika inflasi lebih tinggi dari tingkat bunga yang diberikan oleh bank.

  • Keterbatasan jumlah penarikan

Keterbatasan jumlah penarikan tunai dalam sebulan juga menjadi kelemahan menabung di bank. Biasanya, bank hanya mengizinkan beberapa kali penarikan tunai dalam sebulan tanpa dikenakan biaya tambahan.

Jika nasabah melakukan penarikan tunai di luar batas yang ditentukan, maka nasabah akan dikenakan biaya yang cukup tinggi. Oleh karena itu, jika Anda membutuhkan uang dalam jumlah besar secara tiba-tiba, maka menabung di bank mungkin tidak cukup fleksibel.

  • Tidak Ada Jaminan Kehandalan

Bank memang dianggap sebagai tempat yang aman untuk menyimpan uang, tetapi tidak ada jaminan kehandalan. Sebuah bank dapat mengalami masalah keuangan atau kebangkrutan sewaktu-waktu, dan jika hal ini terjadi, maka uang yang disimpan di bank tersebut dapat hilang.

Meskipun bank dianggap sebagai tempat yang aman untuk menyimpan uang, masih ada potensi risiko. Risiko tersebut dapat terjadi ketika bank mengalami masalah keuangan yang serius. Jika tabungan nasabah tidak memenuhi kriteria penjaminan dari LPS, maka nasabah dapat kehilangan uang yang disimpan.

Tips Menabung di Bank

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat memulai menabung di bank supaya efektif:

  • Pilih Jenis Rekening yang Sesuai

Pertimbangkan jenis rekening tabungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti tabungan reguler, tabungan deposito, atau tabungan khusus untuk tujuan tertentu.

  • Setor Uang Secara Rutin

Tetapkan jumlah yang akan Anda tabung secara rutin, misalnya setiap bulan, untuk membiasakan diri dan memastikan konsistensi menabung.

  • Manfaatkan Fitur Auto Debit

Gunakan fitur auto debit untuk secara otomatis mentransfer dana dari rekening gaji atau rekening lain ke rekening tabungan Anda setiap bulan.

  • Pilih Bank dengan Sistem Bunga yang Menguntungkan

Pilih bank yang menawarkan suku bunga yang kompetitif dan sistem yang menguntungkan bagi nasabahnya untuk meningkatkan pertumbuhan tabungan Anda.

  • Mengatur Automatic Debit ke Rekening Tabungan

Mengatur automatic debit dari rekening gaji atau rekening lain ke rekening tabungan secara otomatis bisa membantu Anda menabung tanpa harus berpikir setiap kali gajian.

  • Mulai dari Jumlah Kecil Terlebih Dahulu

Jika sulit menentukan jumlah tabungan bulanan yang besar, mulailah dengan jumlah kecil terlebih dahulu dan secara bertahap tingkatkan seiring waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper