Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pefindo Tegaskan Peringkat idA1+ Surat Berharga Komersial Pegadaian

Pefindo menyatakan, efek utang jangka pendek dengan peringkat idA1+ yang diberikan kepada Pegadaian adalah kategori peringkat tertinggi yang diberikan Pefindo.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 29 Maret 2022  |  11:52 WIB
Pegawai menunjukan emas batangan di Galeri 24 Pegadaian, Jakarta, Rabu (5/1/2021). Bisnis - Himawan L Nugraha
Pegawai menunjukan emas batangan di Galeri 24 Pegadaian, Jakarta, Rabu (5/1/2021). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat idA1+ untuk Surat Berharga Komersial (SBK) I Tahun 2021 PT Pegadaian senilai Rp200 miliar. SBK tersebut akan jatuh tempo pada 26 Mei 2022.

"Kesiapan perusahaan untuk melunasi surat utang tersebut didukung arus kas internal bulanan senilai sekitar Rp14 triliun dan fasilitas perbankan yang belum digunakan sekitar Rp20 triliun. Posisi kas dan bank perusahaan tercatat sebesar Rp438,6 miliar di akhir Desember 2021," ujar Analis Pefindo Danan Dito dan Hanif Pradipta dikutip dari siaran pers, Selasa (29/3/2022).

Pefindo menyatakan, efek utang jangka pendek dengan peringkat idA1+ adalah kategori peringkat tertinggi yang diberikan Pefindo.

"Kemampuan obligor untuk memenuhi komitmen jangka pendek atas surat utang, relatif terhadap obligor-obligor Indonesia lainnya adalah superior," kata kedua analis.

Adapun, Pegadaian memberikan jasa usaha gadai dan pembiayaan mikro, dengan didukung oleh jaringan yang terdiri dari 12 kantor regional dan 4.085 unit kantor yang terletak di berbagai wilayah di Indonesia per 31 Desember 2021.

Perusahaan termasuk dalam Holding Ultra Mikro dan 99,99998 persen dimiliki oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. dan dikendalikan oleh Pemerintah Indonesia melalui saham dwiwarna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pefindo pegadaian
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top