Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
BBRI, BBCA, BBNI dan Jerat Isu Lingkungan di Pembiayaan Bank di Indonesia
Lihat Foto
Premium

BBRI, BBCA, BBNI dan Isu Lingkungan di Pembiayaan Perbankan Indonesia

Komitmen terkait pembiayaan terhadap sektor berisiko tinggi terhadap lingkungan, menjadi tantangan tersendiri bagi sejumlah emiten bank seperti PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI).
Yustinus Andri, Hendri T. Asworo & Rika Anggraeni
Yustinus Andri, Hendri T. Asworo & Rika Anggraeni - Bisnis.com
20 Juni 2022 | 05:20 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Perhatian publik, tampak terus meningkat terhadap aktivitas pembiayaan perbankan ke sektor yang dinilai memiliki risiko lingkungan yang tinggi, seperti perusahan produsen energi fosil dan pelaku deforestasi.

Apalagi, saat ini makin banyak negara dan perusahaan yang berupaya untuk memenuhi sejumlah ketentuan yang tertuang dalam Paris Agreement. Hal itu diikuti pula oleh ratusan perbankan di dunia yang memilih menghentikan pembiayaan ke proyek atau perusahaan yang memiliki risiko lingkungan.

Sorotan pun juga tak lepas ditujukan oleh publik terhadap komitmen yang dimiliki perbankan yang ada di Indonesia. Mereka diharapkan menghentikan pembiayaan ke sektor usaha yang berisiko tinggi terhadap lingkungan, seperti batu bara, migas dan perusahaan yang terlibat dalam aksi deforestasi.

Terlebih Indonesia merupakan salah satu negara produsen utama batu bara dunia dan juga salah satu pemilik luasan lahan hutan hujan tropis terbesar di dunia.

Sejumlah penjelasan dan klaim pun diutarakan oleh beberapa perbankan yang ada di Indonesia. Mereka di antaranya adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI).

Adapun, Bank BRI menyatakan komitmennya untuk membatasi penyaluran kredit pada sektor energi yang dinilai merusak lingkungan, seperti batu bara dan minyak bumi. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top