Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kamus Investasi: Apa Perbedaan Broker, Dealer, Trader dan Exchange?

Simak ulasan lengkap mengenai perbedaan, broker, exchange, trader dan dealer.
Bursa Saham Korea Selatan./ Seong Joon Cho - Bloomberg
Bursa Saham Korea Selatan./ Seong Joon Cho - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam investasi terdapat sejumlah peran yang signifikan dengan nama yang berbeda-beda. Broker, dealer, trader, dan exchange adalah istilah yang sering didengar dalam dunia trading dan perdagangan aset.

Namun, keempatnya sebenarnya sangat berbeda satu sama lain. Apa perbedaan broker dan trader? Selain itu, apa juga perbedaan broker dan dealer? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini, dikutip dari Pintu Academy, Sabtu (25/6/2022).

1. Apa itu Broker?

Broker adalah orang yang melakukan transaksi atas nama orang lain. Dengan kata lain, broker adalah orang atau perusahaan pialang, dan biasanya membebankan komisi (biaya) kepada investor yang ingin membeli dan menjual aset.

Tugas broker adalah membangun serta memelihara hubungan dengan pelanggan, melakukan penjualan maupun pembelian, serta menyelesaikan tugas manajemen lainnya seperti menyiapkan dokumen. Broker juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga kepuasan para pelanggannya.

Fungsi broker yaitu memecahkan masalah pelanggan atau bertindak sebagai perantara. Fungsi sekunder dari broker adalah memberikan informasi yang berkaitan dengan pasar modal.

Menurut jenis kliennya, ada dua jenis broker, yaitu broker ritel (klien individu) dan broker institusional (klien institusi atau korporat). Sementara itu, berdasarkan layanannya, ada empat jenis broker, yaitu:

•Full Service Broker: memberikan informasi, laporan, analisa dan mengeksekusi order secara lengkap sesuai keinginan investor.

•Discount Broker: memberikan sebuah rekomendasi dan informasi analisis serta melakukan jual beli aset.

•Deep Discount Broker: hanya menjalankan pesanan beli dan jual.

•Online Broker: memberikan jasa atau layanan broker lewat suatu sistem pelayanan online.

2. Apa itu Dealer?

Dealer adalah orang perseorangan atau perusahaan yang bertindak sebagai pihak utama dalam pembelian atau penjualan sekuritas. Sekuritas adalah bentuk kepemilikan terhadap aset-aset atau kekayaan dari suatu perusahaan yang menerbitkan sekuritas itu sendiri.

Perbedaan dealer dan broker adalah dalam hal mengelola dana atas nama klien. Dealer bertanggung jawab untuk mengelola risiko dan kinerja aset mereka sendiri. Pada saat yang sama, dealer memiliki semua hak dan kebebasan dalam sekuritas, sementara broker jarang memiliki kebebasan dan hak-hak seperti ini.

3. Apa itu Trader?

Trader mengacu pada istilah untuk orang yang membeli dan menjual instrumen investasi atau memperdagangkan berbagai instrumen investasi. Prinsip trader di sini adalah membeli saat harga turun dan menjual saat harga naik.

Dalam hal cryptocurrency, trading merupakan usaha menjual aset koin bitcoin yang dimiliki dengan harga jual yang lebih tinggi dibandingkan saat membelinya, dengan tujuan akan mendatangkan keuntungan yang berlipat ganda.

Perbedaan trader dan broker adalah trader mengacu pada aktivitas yang dilakukan yaitu jual beli aset. Broker, sebagai perantara pedagang aset, menghubungkan pembeli dan penjual aset atau kekayaan.

4. Apa itu Exchange?

Exchange adalah sebuah badan pertukaran yang memungkinkan pelanggan untuk memperdagangkan aset mereka. Apabila dilihat dari sisi crypto, exchange crypto adalah badan pertukaran mata uang digital komersial yang memungkinkan pelanggan untuk menukar mata uang digital atau mata uang cryptocurrency untuk aset lain atau mata uang digital lainnya.

Terkait dengan jual beli aset kripto di Indonesia, ledakan investasi aset kripto tampaknya tidak akan berhenti dalam waktu dekat. Jika kamu mengikuti beritanya, tren ini masih terus meningkat tiap tahunnya.

Salah satu alasannya adalah pamor bitcoin yang juga meningkatkan minat dan kepercayaan investor terhadap aset cryptocurrency lainnya. Selain Bitcoin, aset cryptocurrency seperti ether, matic, hingga yfi token juga makin menarik minat investor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper