Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mastercard Berdayakan 5 Startup Open Banking, Ada yang dari Indonesia

Mastercard meluncurkan program global Start Path Open Banking bersama dengan lima perusahaan rintisan atau startup.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 26 Juni 2022  |  13:58 WIB
Mastercard Berdayakan 5 Startup Open Banking, Ada yang dari Indonesia
Logo Mastercard - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA Mastercard, perusahaan teknologi global dalam industri pembayaran, telah meluncurkan program global Start Path Open Banking bersama dengan lima perusahaan rintisan atau startup, yaitu Dapi, Finantier, mmob, Mono, dan Paywallet.

Kelima perusahaan yang dipilih untuk kelas perdana ini menunjukkan sinergi yang kuat dengan pendekatan berbasis teknologi Mastercard dan berkomitmen untuk menempatkan konsumen dan usaha kecil sebagai pusat data keuangan mereka digunakan untuk mengakses layanan yang mereka inginkan dan butuhkan.

Executive Vice President Fintech & Segment Solutions Mastercard Blake Rosenthal menyampaikan program Start Path akan berlangsung selama tiga bulan.

Ini adalah program utama dalam portfolio Mastercard Developers, titik masuk tunggal bagi perusahaan fintech di open banking dan lainnya untuk mengakses API, layanan, dan alat yang mereka butuhkan untuk mengulang di setiap tahap perjalanan mereka, mengubah ide-ide berani, dan maju dengan langkah cepat untuk membawa lebih banyak orang ke dalam ekonomi digital.

Nantinya, kelima startup tersebut akan mendapat kesempatan untuk memanfaatkan keahlian open banking dan wawasan pasar Mastercard, serta mempelajari lebih lanjut tentang platform open banking perusahaan melalui anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya, yaitu Finicity dan Aiia.

Open banking adalah perkembangan alami dari bagaimana Mastercard selalu merangkul inovasi dan kepercayaan konsumen dengan tindakan yang sama, dan bagaimana kami tetap menjadi mitra terpercaya bagi pelanggan kami,” kata Rosenthal dalam keterangan tertulis, seperti dikutip pada Minggu (26/6/2022).

Sebagai pendukung awal open banking di seluruh dunia, Mastercard telah memperkuat kemampuan open banking perusahaan dengan memadukan teknologi dan keahlian miliknya dengan layanan pelengkap Finicity dan Aiia.

“Kami sangat senang meluncurkan program Start Path Open Banking dan menyambut lima perusahaan rintisan dengan pertumbuhan yang tinggi dari seluruh dunia untuk berkolaborasi dengan kami dan mempercepat inovasi open banking,” ungkapnya.

Rosenthal mengungkapkan kelima perusahaan ini akan bergabung dengan jaringan lebih dari 300 perusahaan rintisan yang telah berpartisipasi dalam program pemenang penghargaan Start Path untuk perusahaan rintisan ini.

Mereka akan mendapat kesempatan untuk bekerja dengan ekosistem bank, merchant, mitra Mastercard dan pemain digital di seluruh dunia untuk memberikan dan meningkatkan solusi open banking,” paparnya.

Saat ini, alumni Start Path memasuki pasar publik, mencapai status unicorn dan meneruskan keterlibatan komersial yang diperpanjang dengan Mastercard dan pelanggannya.

Berikut ini adalah perusahaan open banking yang berkembang pesat yang telah dipilih untuk bergabung dengan program Start Path Open Banking:

  1. Dapi (Uni Emirat Arab) adalah API pembayaran open banking yang memberikan pengalaman untuk menerima pembayaran rekening ke rekening dan alat untuk operasi pembayaran perusahaan.
  2. Finantier (Indonesia) merupakan platform keuangan terbuka yang memberdayakan infrastruktur teknis untuk inklusi keuangan, serta memungkinkan layanan digital dan keuangan generasi berikutnya di seluruh Asia Tenggara.
  3. mmob (Inggris) yang mengintegrasikan produk pihak ketiga ke dalam ekosistem keuangan melalui alat miliknya tanpa pengkodean.
  4. Mono (Nigeria) yang memungkinkan bisnis di Afrika untuk mengakses data keuangan dan memproses pembayaran bank langsung.
  5. Paywallet (Amerika Serikat) yang membantu pemberi pinjaman dan penyedia pembiayaan lainnya meningkatkan kepastian pembayaran dengan memungkinkan pembayaran langsung dari pemotongan gaji, dan memperkuat keputusan penjaminan emisi berdasarkan identitas yang akurat, pekerjaan dan data penggajian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan mastercard StartUp
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top