Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonomi Membaik, Ini 5 Tips Investasi Sehat Secara Finansial

Bibit.id memberikan 5 tips investasi sehat secara finansial.
Ilustrasi pasangan generasi millenial membahas soal investasi dan perencanaan keuangan (financial planning)/Freepik
Ilustrasi pasangan generasi millenial membahas soal investasi dan perencanaan keuangan (financial planning)/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat diimbau untuk cerdas berinvestasi seiring dengan perekonomian Indonesia yang diprediksi akan membaik pada tahun ini.

PR & Corporate Communication Lead Bibit.id William mengatakan selain karena konsumsi masyarakat yang meningkat, faktor-faktor seperti menggeliatnya lagi industri pariwisata serta tidak dinaikkannya tarif listrik untuk industri dan bisnis turut menjaga momentum pemulihan ekonomi.

Menurutnya, beberapa bulan terakhir menunjukkan animo masyarakat yang meningkat terhadap hal-hal yang sifatnya konsumtif seperti liburan dan membeli barang-barang impian.

"Kami mengajak masyarakat untuk senantiasa bijaksana dalam mengambil berbagai keputusan yang terkait dengan keuangan mereka,” kata William dalam siaran pers, Senin (27/6/2022).

Dia menuturkan sedikitnya lima hal yang perlu menjadi perhatian masyarakat agar mereka tetap sehat secara finansial. Pertama, menghindari yang namanya besar pasak daripada tiang. Artinya, masyarakat diimbau untuk tidak membelanjakan uang yang lebih besar daripada yang mereka hasilkan atau miliki.

Kedua, mengetahui bagaimana cara berinvestasi dengan benar. Salah satunya menggunakan aplikasi Bibit yang dilengkapi dengan fitur Robo Advisor dan Goal Setting yang membuat investasi lebih terarah dalam rangka mencapai tujuan keuangan.

Misalnya, untuk teman-teman yang berniat membeli apartemen seharga Rp350 juta dalam waktu lima tahun ke depan, fitur Goal Setting Bibit dapat menghitungkan berapa jumlah uang yang perlu teman-teman investasikan setiap bulannya.

Ketiga, memahami bahwa konsistensi merupakan kunci utama dalam mencapai tujuan keuangan. Terkait hal ini, Bibit memiliki fitur Nabung Rutin (autodebet) yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna yang telah menggunakan Bank Jago dan GoPay.

Keempat, apabila kita termasuk kategori investor pemula yang memiliki pengetahuan terbatas mengenai seluk-beluk investasi, berinvestasilah di instrumen investasi yang dikelola oleh para profesional.

Terakhir, memastikan bahwa platform yang membantu masyarakat dalam berinvestasi haruslah platform yang sudah berizin dan diawasi oleh regulator di sektor jasa keuangan. Terkait hal ini, Bibit adalah aplikasi investasi yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper