Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intip Kemeriahan Puncak Acara Hari Asuransi 2022 Bersama Industri Asuransi Indonesia

Kegiatan Hari Asuransi 2022 ini sekaligus menjadi momentum bagi industri untuk lebih gencar sosialisasi mengenai pentingnya perlindungan diri melalui asuransi.
Direktur Eksekutif AASI Erwin Noekman (kiri), Ketua Dewan Asuransi Indonesia Tatang Nurhidayat (dua kiri) dan Ketua Panitia Hari Asuransi 2022 Retno Susanti (kanan)./Bisnis - Rika Anggraeni
Direktur Eksekutif AASI Erwin Noekman (kiri), Ketua Dewan Asuransi Indonesia Tatang Nurhidayat (dua kiri) dan Ketua Panitia Hari Asuransi 2022 Retno Susanti (kanan)./Bisnis - Rika Anggraeni

Bisnis.com, JAKARTA — Dewan Asuransi Indonesia (DAI) didukung sejumlah asosiasi anggota perusahaan asuransi kembali menyelenggarakan Puncak Hari Asuransi 2022 yang ke-17 secara langsung yang diadakan pada 22 Oktober 2022 di Senayan Park, Pulau 1, Jakarta.

Sejumlah asosiasi tersebut di antaranya AAJI, AAUI, AAJSI, AASI, APPARINDO, APKAI, APARI, PAMJAKI, KUPASI, AAMAI, ISEA, hingga IIS.

Puncak rangkaian Hari Asuransi mengangkat tema "Literasi Asuransi Untuk Negeri" dengan sub tema "Kenali, Pahami, Miliki" yang merupakan wujud upaya nyata industri asuransi dalam meningkatkan penetrasi dan literasi asuransi di Indonesia.

Kegiatan ini sekaligus menjadi momentum bagi industri untuk lebih gencar memberikan sosialisasi mengenai pentingnya perlindungan diri melalui asuransi.

Ketua Umum Dewan Asuransi Indonesia (DAI) Tatang Nurhidayat mengatakan bahwa hari asuransi yang dirayakan dari tahun ke tahun ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya berasuransi.

“Pentingnya berasuransi perlu terus digalakkan karena pemahaman serta akses masyarakat terhadap produk dan jasa asuransi masih rendah, sementara asuransi sangat berguna untuk proteksi diri, keluarga, dan perencanaan keuangan jangka panjang yang kemungkinan diperlukan sewaktu-waktu," kata Tatang di Senayan Park, Pulau 1, Jakarta, Sabtu (22/10/2022).

Selain itu, Tatang menilai industri asuransi perlu menetapkan strategi dan pemanfaatan teknologi informasi (IT) serta mitigasinya, dalam upaya edukasi dan literasi mengenai asuransi kepada masyarakat Indonesia, hal ini perlu dilakukan agar masyarakat mengetahui pentingnya berasuransi serta paham produk-produk asuransi yang ada.

Tatang menuturkan bahwa tingkat pendidikan, kesadaran, dan pendapatan yang rendah masih mempengaruhi minat masyarakat dalam berasuransi. Selain itu, kondisi wilayah Indonesia yang merupakan negara kepulauan, turut memperlambat percepatan penetrasi asuransi kepada masyarakat dan merupakan tantangan tersendiri bagi industri asuransi.

Untuk itu, dalam pelaksanaannya DAI melalui Panitia Hari Asuransi 2022, melakukan berbagai kegiatan yang memfokuskan pada edukasi, sosialisasi, dan literasi tentang manfaat berasuransi kepada seluruh lapisan masyarakat.

Sepanjang 2022, panitia Hari Asuransi pusat telah bekerja sama dengan panitia hari asuransi di beberapa kota, secara pararel mengadakan bermacam kegiatan untuk mendukung Hari Asuransi 2022 di antaranya Literasi Asuransi untuk Ojek Online, Cerdas Cermat untuk pelajar SMA dan Sederajat, Podcast, Talk Show, Pameran Asuransi (booth) di Jakarta, Publikasi Media, Lomba Menulis dan Membuat Film Pendek, lomba Membuat Konten Sosial Media, serta kegiatan-kegiatan lainnya.

Selanjutnya, pada acara Puncak Hari Asuransi 2022 ini, panitia bersama sponsor pendukung acara yakni Allianz Life Indonesia, Prudential Life Assurance, Manulife Indonesia, Axa Financial Indonesia, halodoc, Tugu Insurance dan Zurich Insurance telah mengemas selama satu hari penuh dalam bentuk festival dengan berbagai macam kegiatan.

Selain pemain industri asuransi, dari ranah pendidikan yang berfokus pada ranah asuransi juga ikut memeriahkan acara ini mulai dari STIMRA (Sekolah Tinggi Manajemen dan Risiko Asuransi) dan Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi (STMA) Trisakti.

Adapun, acara hiburan yang digelar antara lain pawai kostum, rocca space, tari-tarian, home band, fun games, booth UMKM, serta penampilan Chaplin Band dan Goliath Band.

Ketua Panitia Hari Asuransi 2022 Retno Susanti menekankan bahwa insan asuransi harus berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan literasi asuransi yang dilakukan secara simultan, serta memanfaatkan jaringan bisnis dan perkembangan teknologi, sebagai bagian infrastruktur dalam melakukan literasi kepada masyarakat.

“Kami optimis, melalui perayaan tahun ini Seluruh industri asuransi secara bersama-sama akan berusaha membantu masyarakat Indonesia, memberikan literasi pentingnya pengelolaan keuangan melalui asuransi, yang akan dibutuhkan dalam menghadapi risiko yang dapat terjadi di masa yang akan datang," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper