Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puncak Hari Asuransi 2022, Ketua DAI: Pemangku Kepentingan Mesti Bekerja Ekstra

Perayaan Hari Asuransi 2022 mengangkat tema Literasi Asuransi Untuk Negeri dengan sub tema Kenali, Pahami, Miliki.
Direktur Eksekutif AASI Erwin Noekman (kiri), Ketua Dewan Asuransi Indonesia Tatang Nurhidayat (dua kiri) dan Ketua Panitia Hari Asuransi 2022 Retno Susanti (kanan)./Bisnis - Rika Anggraeni
Direktur Eksekutif AASI Erwin Noekman (kiri), Ketua Dewan Asuransi Indonesia Tatang Nurhidayat (dua kiri) dan Ketua Panitia Hari Asuransi 2022 Retno Susanti (kanan)./Bisnis - Rika Anggraeni

Bisnis.com, JAKARTA —Puncak Hari Asuransi 2022 akan dirayakan pada 22 Oktober 2022 mendatang.  

Ketua Umum Dewan Asuransi Indonesia (DAI) Tatang Nurhidayat mengatakan, perayaan pada tahun ini akan mengangkat tema kegiatan “Literasi Asuransi Untuk Negeri” dengan sub tema “Kenali, Pahami, Miliki”.
 
Perayaan Hari Asuransi merupakan bentuk komitmen berkelanjutan Dewan Asuransi Indonesia (DAI) bagi masyarakat Indonesia, serta menjadi momentum bagi industri untuk lebih gencar memberikan sosialisasi mengenai pentingnya perlindungan diri melalui asuransi.

"Para pegiat asuransi mesti harus bekerja lebih ekstra lagi dalam memperkenalkan pentingnya asuransi terhadap masyarakat," kata Tatang mengenai tema yang diangkat, Kamis (20/10/2022). 

Dia mengatakan melalui tema ini, insan asuransi ingin menggambarkan tujuan bersama untuk meningkatkan pemahaman asuransi, khususnya meningkatkan edukasi dan literasi keuangan dalam mendorong ketersediaan akses serta layanan keuangan yang menyentuh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia 


Tatang Nurhidayat yang sekaligus juga Ketua Umum Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) menuturkan bahwa penetrasi asuransi di Tanah Air dari segi kepemilikan polis juga masih tergolong rendah terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).
 
Menurutnya, pemahaman dan kesadaran masyarakat untuk memiliki asuransi, juga masih belum merata sebagaimana yang diharapkan . “Hal ini tentu membutuhkan dukungan dari semua pihak untuk bersama dengan cara meningkatkan literasi dan edukasi asuransi ke segmen-segmen yang lebih luas lagi," ujarnya.
 
Ketua Panitia Hari Asuransi 2022 Retno Susanti menuturkan bahwa tingkat pendidikan, kesadaran, dan pendapatan masyarakat memang masih menjadi tantangan yang utama, untuk itu industri asuransi sangat concern untuk bersama-sama memajukan tumbuh kembang bisnis asuransi di Indonesia

Di samping itu, sesuai dengan tema tahun ini, kegiatan Hari Asuransi 2022 lebih difokuskan pada Literasi Asuransi kepada masyarakat umum. "Agar tujuan kami menjadikan masyarakat Indonesia dapat lebih mengenal, memahami dan kesadaran untuk memiliki jaminan asuransi dapat terwujud seperti yang tertuang dalam tagline Kenali-Pahami-Miliki," tuturnya.

Selanjutnya Retno menegaskan, pihaknya berharap masyarakat akan lebih paham dalam hal pengelolaan keuangan, yang bertujuan untuk mensejahterakan kehidupan dengan perlindungan financial, serta mengajarkan masyarakat untuk menjadi mandiri secara finansial.

Maka dari itu, Retno menyampaikan bahwa panitia menyiapkan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam mendukung Hari Asuransi 2022. Adapun kegiatan tersebut di antaranya Literasi Asuransi untuk Ojek Online, Literasi untuk UMKM dan Cerdas Cermat untuk pelajar SMA di berbagai daerah, dan Talk Show dengan menghadirkan narasumber dari Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif.
 
Diikuti dengan Lomba Menulis, Lomba Film Pendek berdurasi maximal 15 menit, Lomba Membuat Konten Media Sosial, Press conference, serta kegiatan-kegiatan lainnya seperti Podcast & Talkshow di radio maupun televisi.

Puncak Acara Hari Asuransi 2022

Dia juga mengatakan, penyelenggaraan kegiatan Hari Asuransi yang ke-16 akan diselenggarakan pada 22 Oktober yang bertempat di Senayan Park, Pulau 1, Jakarta Pusat.
 
Pemilihan lokasi ini dilakukan karena selain sebagai Ibukota negara, Jakarta adalah mercusuar informasi kegiatan hari asuransi yang representatatif agar gaungnya sampai ke daerah-daerah lainnya. Selain itu, kota Jakarta adalah pusat usaha dan bisnis yang memerlukan akses keuangan yang inklusif.
 
Nantinya, beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan mulai pagi hari di awali dengan kegiatan aktifitas booth para sponsor, dalam bentuk kegiatan education dan interaktif, dilanjutkan dengan kemeriahan perform senam dari Rocca Space, Rampak Bedug, Marching Band, pawai kostum, tarian Betawi, serta menampilkan guest star band dari Ibukota.
 
Acara ini diselenggarakan oleh Dewan Asuransi Indonesia bersama AAJI, AAUI, AAJSI, AASI, APPARINDO, APKAI, APARI, PAMJAKI, KUPASI, AAMAI, ISEA, IIS dan didukung oleh Allianz Life Indonesia, Prudential Life Assurance dan Manulife Indonesia, AXA Financial Indonesia, Halodoc, Tugu Insurance, dan Zurich Insurance.
 
”Dukungan yang diberikan pada perayaan Hari Asuransi ini akan sangat berharga dan bermanfaat bagi kami dan industri perasuransian dalam membantu tujuan kita bersama untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas, sejahtera, dan mandiri," pungkas Retno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper