Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Mandiri (BMRI) dan BRI (BBRI) Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Bantuan yang disalurkan Bank Mandiri dan BRI antara lain ribuan paket makanan, makanan siap saji dan sembako, serta susu bagi anak-anak.  
Warga yang terdiri dari wanita dan anak-anak terpaksa mengungsi di tenda Kemensos lantaran rumahnya rubuh akibat gempa di Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022). Dok Kementerian Sosial.
Warga yang terdiri dari wanita dan anak-anak terpaksa mengungsi di tenda Kemensos lantaran rumahnya rubuh akibat gempa di Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022). Dok Kementerian Sosial.

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI (BBRI) menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada korban bencana gempa bumi bermagnitudo 5,6 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan perseroan telah membagikan 4.000 paket makanan sejak Senin (21/11/2022) kepada masyarakat terdampak. Bank Mandiri juga menyalurkan makanan siap saji dan sembako.

“Kami secara cepat berupaya menyalurkan bantuan untuk korban bencana gempa di Cianjur dan sekitarnya. Bantuan ini akan terus kami salurkan dalam beberapa hari ke depan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (22/11/2022).

Emiten bersandi saham BMRI tersebut juga membagikan bantuan kepada anak-anak dan ibu hamil yang terdampak gempa, seperti susu untuk ibu hamil, susu formula, popok, serta bantuan kebutuhan posko dapur umum berupa beras, mie instan, sarden, dan air mineral.

Bantuan pasokan air bersih beserta operasional penyedot untuk toilet portable, 10 tandon air dan 5 toilet portable, 2 unit tenda komando, serta 2 unit tenda pramuka juga telah disalurkan.

Di sisi lain, Rudi mengatakan bahwa tidak ada kerusakan signifikan pada kantor cabang Bank Mandiri di wilayah Jawa Barat. Untuk itu, dia memastikan seluruh layanan perbankan Bank Mandiri termasuk layanan digital tetap berjalan normal.

“Dampak gempa terhadap jaringan Bank Mandiri di wilayah Cianjur, Jawa Barat minor. Seluruh operasional tetap berjalan normal dan siap untuk memberikan layanan perbankan kepada nasabah dan masyarakat dengan optimal,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto menuturkan bahwa pihaknya juga telah menyalurkan bantuan terhadap korban gempa Cianjur, di antaranya makanan siap saji, roti, air mineral, sembako, serta bantuan lainnya.

“BRI juga terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait lainnya untuk bersinergi dan menyalurkan bantuan tanggap bencana tahap selanjutnya. Tujuannya tidak lain adalah untuk meringankan masyarakat terdampak dan mempercepat pemulihan pasca bencana,” tuturnya.

Emiten berkode saham BBRI ini juga membentuk posko BRI Peduli. Posko tersebut diharapkan dapat membantu penyaluran bantuan serta menjadi tempat pelayanan bagi warga terdampak gempa di sekitar wilayah Cianjur, Cipanas, Ciranjang, dan Sukanagara.

Dalam bencana tersebut, dua kantor BRI unit Cikaroya dan Cijedil turut berdampak hingga mengalami kerusakan. Meski demikian, perseroan tetap menyediakan layanan E-Buzz atau layanan perbankan di atas perbankan di dua lokasi tersebut.

Aestika menyatakan bahwa secara keseluruhan layanan BRI di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat tetap berjalan normal sehingga masyarakat dapat melakukan transaksi perbankan.

Sebagaimana diketahui, gempa bermagnitudo 5,6 terjadi di Cianjur pada Senin (21/11/2022) siang. Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), gempa yang terasa hingga Jakarta tersebut menyebabkan korban tewas sebanyak 268 orang per hari ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper