Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Dompet Digital Favorit Konsumen, dari GoPay hingga ShopeePay

Saat dompet digital dalam GOTO menjadi yang paling banyak digunakan, dompet digital grup Emtek, Dana, disebut mengalami penurunan pengguna 3 bulan terakhir.
Pengemudi Ojek Online membeli pesanan makanan yang diorder dari aplikasi di Jakarta. Bisnis/Arief Hermawan P
Pengemudi Ojek Online membeli pesanan makanan yang diorder dari aplikasi di Jakarta. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan dompet digital semakin menjadi pilihan masyarakat dalam melakuka pembayaran karena menyediakan kelengkapan dan kemudahan dalam bertransaksi. Namun, dari sekian banyak pembayaran digital, dompet digital mana yang menjadi favorit konsumen?

Perusahaan riset pemasaran InsightAsia menilai GoPay menjadi merek dompet digital alias e-wallet teratas di Tanah Air. Hal itu terungkap dalam hasil riset bertajuk “Consistency That Leads: 2023 E-Wallet Industry Outlook”.

Riset yang digagas di Bulan Fintech Nasional itu melibatkan 1.300 responden dan dilaksanakan di 7 kota besar di Indonesia seperti Jabodetabek, Bandung, Medan, Makassar, Semarang, Palembang, dan Pekanbaru. Periode survei dilakukan pada 19 – 30 September 2022.

Research Director InsightAsia Olivia Samosir mengungkapkan bahwa GoPay yang merupakan dompet digital milik Gojek dengan merek milik PT Dompet Anak Bangsa itu menjadi platform dompet digital yang secara konsisten paling banyak digunakan oleh konsumen.

Tidak hanya itu, Olivia menuturkan bahwa penggunaan pertama GoPay juga dapat ditelusuri sejak lebih dari 5 tahun terakhir sampai saat ini.

“Sebagian besar pengguna dompet digital pernah menggunakan GoPay sebanyak 71 persen dan terus setia menggunakan sampai saat ini sebesar 58 persen,” ungkap Olivia dalam keterangan tertulis, Senin (28/11/2022).

Selain GoPay, riset InsightAsia juga menemukan bahwa dompet digital OVO milik PT Visionet Internasional menempati posisi kedua dengan 70 persen responden menyatakan pernah menggunakan OVO. Lalu, sebanyak 53 persen juga menyatakan telah menggunakan Ovo dalam tiga bulan terakhir.

Adapun posisi terakhir dalam tiga besar ini ditempati PT. Espay Debit Indonesia Koe (Dana). Perusahaan patungan Emtek Group dan Lazada dalam bisnis dompet digital ini mampu memikat pelanggan dengan persentase mencapai 61 persen responden yang menyatakan pernah menggunakan Dana.

Namun demikian, Dana tidak termasuk dalam tiga besar kategori penggunaan dalam 3 bulan terakhir. Posisi  Dana berada di urutan keempat dengan angka mencapai 45 persen.

Berikutnya, Shopeepay yang merupakan layanan finansial digital milik Sea Group juga telah digunakan oleh 60 persen responden untuk kategori pernah digunakan, sedangkan sebanyak 51 persen responden menggunakan ShopeePay dalam 3 bulan terakhir sekaligus menyalip Dana.

Sementara itu, LinkAja berada di urutan kelima yang mencapai 27 persen menyatakan sering digunakan responden dan sebanyak 13 persen digunakan dalam 3 bulan terakhir.

Olivia menjelaskan bahwa dengan konsistensi dalam menyampaikan atau memenuhi kebutuhan-kebutuhan konsumen kemudian menciptakan consumer experience atau pengalaman konsumen yang menyenangkan dan membuat konsumen setia untuk terus menggunakan brand tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper