Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Incar Tumbuh Dua Digit, Dirut Pegadaian Beberkan Strategi 2023

PT Pegadaian menyiapkan sejumlah strategi untuk mengejar target pertumbuhan pada tahun kelinci air.
Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan./dok.Pegadaian
Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan./dok.Pegadaian

Bisnis.com, JAKARTA — Anggota holding badan usaha milik negara ultra mikro (BUMN UMi) PT Pegadaian menyiapkan sejumlah strategi bisnis untuk mempertebal laba  pada tahun ini.

Direktur Utama Pegadaian Damar Latri Setiawan mengatakan pihaknya menyiapkan enam strategi untuk mengejar target yang telah dicanangkan. 

“Pegadaian tetap akan menguatkan bisnis intinya, kami akan tetap membesarkan di [bisnis] gadai dengan penguatan-penguatan lain, baik berupa produk, fitur, hingga proses. Kami juga akan menguatkan di bisnis syariah melalui KUR syariah,” kata Damar dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi VI DPR di Kompleks Senayan, Jakarta, Senin (30/1/2023).

Dia mencontohkan dalam penguatan bisnis syariah, Pegadaian akan melakukan gebrakan untuk peningkatan kinerja. Selain itu, perusahaan juga menerapkan monoline business model, yakni berupa peningkatan portofolio dan skala bisnis mikro melalui alignment produk dengan Grup Holding.

“Pegadaian dengan adanya BRI punya semangat semakin besar karena adanya akselerasi model bisnis baru, yakni monoline business model. Artinya, Pegadaian saat ini menyalurkan gadai dan non-gadai,” tuturnya.

Strategi selanjutnya adalah dengan melakukan perluasan atau eksplorasi bisnis baru untuk mendapatkan new potential market melalui pengembangan produk baru dan inorganic growth, termasuk bullion bank.

Damar melanjutkan bahwa Pegadaian juga akan meningkatkan penetrasi pasar dengan program kelembagaan dan penyelarasan proses bisnis, serta menguatkan jaringan fisik dan digital dengan business model improvement untuk meningkatkan service excellent kepada pelanggan.

Pada kinerja 9 bulan 2022, Pegadaian mampu membukukan aset sebesar Rp69,4 triliun atau naik 4,74 persen secara tahunan (year-on-year/yoy). Diikuti dengan omset yang tumbuh 8 persen yoy menjadi Rp130,6 triliun dan outstanding loan yang mencapai Rp55,9 triliun.

Selain itu, Damar menyampaikan bahwa pendapatan Pegadaian juga tumbuh 3,05 persen yoy menjadi Rp11,1 triliun dan laba usaha sebelum pajak mencapai Rp3,1 triliun pada posisi September 2022. 

"Meski pandemi, kami tetap tumbuh. Dari kinerja keuangan kami bisa menurunkan BOPO [biaya operasional terhadap pendapatan operasional] menjadi  71,86 persen. Ini salah satu dengan adanya holding," terangya.

Damar menyampaikan bahwa rasio BOPO Pegadaian turun 4,82 persen yoy dari sebelumnya mencapai 75,50 persen pada September 2021. Senada, rasio non-performing loan (NPL) atau kredit macet Pegadaian mencapai 2 persen pada September 2022.

“NPL Pegadaian mencapai 2 persen pada September 2022. Kami juga menekan NPL menjadi sebesar 1,2 persen pada Desember 2022,” tambahnya. 

Sebelumnya, Direktur Keuangan Pegadaian Ferdian Timur Satyagraha optimistis perusahaan dapat mencapai pertumbuhan baik dari sisi kinerja bisnis maupun keuangan dengan pertumbuhan yang mampu mencapai dua digit di tahun 2023.

“Di tengah optimisme pemulihan ekonomi global dan Indonesia pada tahun 2023, PT Pegadaian yakin memproyeksikan double-digit-growth untuk kinerja bisnis dan keuangan,” kata Ferdian kepada Bisnis, Selasa (24/1/2023).

Ferdian merincikan Pegadaian menargetkan penyaluran pembiayaan atau outstanding loan sebesar Rp63 triliun atau tumbuh 13 persen dan proyeksi laba bersih sebesar Rp4 triliun atau tumbuh 24 persen di periode 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper