Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis Otomotif Dominasi Pengguna Pinjol Sektor Produktif hingga Rp34,4 Triliun

OJK mencatat bisnis otomotif mendominasi pengguna pinjol dari sektor produktif dengan nilai pinjaman hingga Rp34,4 triliun.
Ilustrasi pinjaman online atau pinjol/Freepik.com
Ilustrasi pinjaman online atau pinjol/Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis segmen otomotif khususnya perdagangan besar dan eceran, reparasi, serta perawatan mobil dan sepeda motor menjadi sektor produktif yang paling besar mendapatkan pinjaman online atau pinjol dari fintech lending sepanjang 2022.

Berdasarkan dataindonesia.id, Rabu (8/2/2023), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, total penyaluran pinjaman online dari fintech lending di Indonesia mencapai Rp225,55 triliun pada 2022.

Jumlah tersebut naik 44,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar Rp155,97 triliun. Dari jumlah itu, penyaluran pinjaman ke sektor produktif tercatat sebesar Rp105,18 triliun. Nilai itu setara dengan 46,63 persen dari total penyaluran pinjaman fintech lending

Perdagangan besar dan eceran, reparasi, serta perawatan mobil dan sepeda motor menjadi sektor produktif yang paling besar mendapatkan pinjaman fintech lending, yakni Rp34,4 triliun.

Posisinya diikuti sektor penyediaan akomodasi dan penyediaan makan dan minum yang menerima pinjaman fintech lending sebesar Rp12,9 triliun.

Pendanaan fintech lending ke aktivitas yang menghasilkan barang dan jasa oleh rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan sendiri sebesar Rp9,92 triliun.

Lalu, sektor jasa lainnya meraih pendanaan fintech lending sebesar Rp8,91 triliun. Aktivitas badan internasional dan badan ekstra internasional lainnya meraih pendanaan fintech lending sebesar Rp8,52 triliun.

Penyaluran pinjaman fintech lending ke sektor pengangkutan dan pergudangan sebesar Rp5,97 triliun,  Sektor aktivitas keuangan dan asuransi menerima pinjaman fintech lending sebesar Rp5,49 triliun. Sementara, penyaluran pinjaman ke sektor kesenian, hiburan, dan rekreasi sebesar Rp3,77 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper