Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Menghitung Bunga Kartu Kredit dan Tanggal Penting Wajib Tahu

Bunga kartu kredit dihitung secara harian, untuk itu perlu dipastikan untuk melunasi penggunaan hingga 0 yang muncul setelah tanggal cetak tagihan.
Ilustrasi seorang wanita yang melakukan transaksi keuangan menggunakan internet banking dan kartu kredit/Freepik.
Ilustrasi seorang wanita yang melakukan transaksi keuangan menggunakan internet banking dan kartu kredit/Freepik.

Bisnis.com, JAKARTA – Cara kerja kartu kredit sebagai alat pembayaran menawarkan kemudahan bagi penggunanya. Pasalnya, plafon kartu kredit adalah bentuk fasilitas dari bank kepada nasabah terpercaya untuk menggunakan uang bank terlebih dahulu untuk kemudian dibayar tanpa bunga jika dilunasi seluruh tagihan sebelum tanggal jatuh tempo.

Selain itu, menggunakan kartu kredit biasanya akan mendapatkan penawaran menarik seperti potongan harga, cashback, poin rewards, hingga kupon undian.  

Dikutip dari Sikapiuangmu OJK, Minggu (1/10/2023), bank menawarkan kemudahan bagi nasabah yang memiliki kartu kredit dengan mengubah penggunaan fasilitas bayar ini menjadi kredit. Kelebihan lainnya, utang ini bisa dibayar berapa saja, tentu di atas pembayaran minimal.

Pembayaran minimal kartu kredit adalah 10 persen dari fasilitas yang digunakan, meski demikian dalam relaksasi Bank Indonesia akibat pandemi virus corana lalu, minimum pembayaran kartu kredit untuk sementara diturunkan menjadi 5 persen.

Sementara  besaran bunga yang harus dibayar nasabah yang menggunakan kartu kredit sebagai sarana utang berdasarkan kebijakan Bank Indonesia pada 2023 adalah sebesar 1,75 persen, meski demikian besaran bunga ini dapat saja berubah seiring kebijakan regulasi terbaru.

Besaran bunga kartu kredit menjadi hal penting untuk diperhatikan agar nantinya tidak kesulitan membayar cicilan dan pengelolaan keuangan menjadi berantakan. Selain besaran bunga, perhitungan bunga dan cicilan setiap bulan nya perlu dilakukan. Hal ini dapat membantu perkiraan besaran bayaran cicilan setiap bulan nya. 

Cara Menghitung Bunga Kartu Kredit

Bunga yang disampaikan sebagai dasar penawaran oleh bank kepadaa nasabah adalah bunga bulanan. Namun, dalam proses perhitungan kartu kredit harus menggunakan bunga harian. Hal ini perlu dilakukan untuk mempermudah proses perhitungan apabila cicilan telah jatuh tempo atau mengalami keterlambatan pembayaran. 

Rumus perhitungan bunga kartu kredit: 

Bunga harian = Bunga perbulan x 12 bulan / 365 hari

Total transaksi x bunga harian x selisih tanggal transaksi dengan tanggal cetak tagihan 

= Bunga kredit

Sebagai informasi, tanggal transaksi adalah tanggal dimana transaksi dilakukan dengan kartu kredit baik secara online maupun offline. Sedangkan tanggal cetak tagihan adalah tanggal dicetaknya lembar tagihan. Dua hal ini perlu untuk diketahui agar nantinya tidak salah melakukan perhitungan. 

Setelah memahami rumus dan istilah tanggal dalam rumus, berikut adalah contoh perhitungan bunga kartu kredit: 

Anda melakukan  transaksi dengan total Rp10 juta pada tanggal 1 Oktober 2023, sementara periode  cetak dilakukan setiap tanggal 25 dengan bunga 1,75 persen per bulan. 

Untuk melakukan perhitungan, anda perlu mengetahui besaran bunga per harinya terlebih dahulu sebagai berikut: 

Bunga harian = 1,75% x 12 / 365 

                      =0,0005587

Setelah mengetahui bunga harian, selanjutnya dapat menghitung bunga kredit selama 24 hari yakni sampai sebelum cetak tagihan:

Bunga Kartu Kredit = Rp10 juta x 0,0005587 x 24 hari

                      = Rp134.109

Sebagai informasi, besaran bunga akan terus bertambah atau semakin besar jika jumlah transaksi dari kartu kredit semakin besar. Oleh karena itu, perlu untuk mengalokasikan dana lebih dari total transaksi untuk membayar bunga. 

Sementara, jika dilakukan pembayaran seluruh tagihan sebelum jatuh tempo, maka tidak ada bunga yang dibebankan saat tanggal cetak kartu. (Ernestina Jesica Toji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper