Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Taspen Otentikasi, Cara Autentifikasi Pensiunan ASN Melalui HP dengan Mudah

Taspen Otentikasi adalah cara online bagi pensiunan dan penerima manfaat melakukan autentifikasi diri agar uang pensiunnya tetap dibayarkan sesuai jadwal.
Karyawan melayani autentifikasi salah satu penerima pensiun di Kantor Cabang PT Taspen, Tangerang, Banten, beberapa waktu lalu./JIBI-Felix Jody Kinarwan
Karyawan melayani autentifikasi salah satu penerima pensiun di Kantor Cabang PT Taspen, Tangerang, Banten, beberapa waktu lalu./JIBI-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Taspen (persero), dana pensiun yang melayani pembayaran pensiunan aparatur sipil negara (ASN), menyediakan sara autentifikasi penerima manfaat melalui handphone (hp).

Autentifikasi adalah proses verifikasi yang dilakukan untuk memastikan penerima dana pensiun dari APBN adalah benar penerima manfaat yang terdaftar. Penerima pensiunan ASN sendiri bisa orang tua, anak yang belum dewasa, suami atau istri. Uang pensiun ini dibayarkan secara bulanan sesuai ketentuan yang ditetapkan pemerintah.

Dalam autentifikasi di Taspen, perusahaan menyediakan kemudahan dengan dilakakukan melalui handphone. Perusahaan menyediakan aplikasi Taspen Otentikasi yang tersedia di Google Play Store dan Apple Store.

Dalam pelaksanaan autentifikasi, terdapat skala yang ditetapkan oleh Taspen. Perinciannya, Taspen Otentikasi akan minta update bulanan bagi penerima pensiunan venteran.

Skala dua, pelaksanaan autentifikasi oleh Taspen akan dilakukan setiap dua bulan sekali. Kelompok ini adalah penerima pensiun sendiri atau yatim atau janda yang tidak memiliki ahli waris.
Skala tiga, aplikasi Taspen Otentikasi akan dilakukan selama tiga bulan sekali untuk pensiun yang masih memiliki ahli waris.

Penggunaan handphone untuk mempermudah proses autentifikasi oleh Taspen ini telah terlaksana sejak 2019. Sebelumnya, peserta diminta melalukan pembaharuan data secara berkala ke kantor pembayaran seperti bank ataupun kantor pos maupun kantor cabang perusahaan.

Proses autentifikasi oleh Taspen memanfaatkan data biometrik peserta sehingga mampu mengintegrasikan data peserta, keluarga peserta, mutasi, dan hitungan pembayaran secara digital.

Meski memudahkan, sebelum dapat menggunakan layanan aplikasi Taspen Otentikasi, penerima manfaat pensiun sudah melakukan enrollment atau melakukan perekaman data diri.

Dalam Enrollment, Taspen akan merekam data biometric seperti suara, wajah, dan sidik jari. Pelaksanaan enrollment dilayani di kantor cabang Taspen dimanapun atau mitra bayar.

Sedangkan langkah autentifikasi melalui aplikasi Taspen Otentikasi yang dikutip Kamis (38/8/2023) dari laman perusahaan:

1. Download aplikasi Taspen Otentikasi di PlayStore atau AppStore.
2. Izinkan persyaratan yang diminta aplikasi.
3. Persiapkan diri untuk melakukan otentikasi (buka kacamata, topi, atau pelindung wajah lain).
4. Proses otentikasi harus di tempat terang untuk itu pastikan pencahayaan cukup.
6. Isikan Notas (nomor Taspen) .
7. Tap 'Otentikasi' lalu tunggu proses selanjutnya.
8. Saat berfoto, pastikan wajah pada kotak dan ikuti perintahnya. Untuk memperlancar autentifikasi usahakan seminimal mungkin gerakan yang tidak diminta.
9. Kedipkan mata sesuai petunjuk lalu tunggu petunjuk selanjutnya.
10. Gelengkan kepala ke kanan dan kekiri sesuai petunjuk yang ada lalu tunggu petunjuk berikutnya.
11. Tatap layar lalu anggukan kepala secara pelan sesuai petunjuk.
12. Selanjutnya, ucapkan huruf “A” sesuai petunjuk.
13. Otentikasi pun berhasil.
14. Jika autentifikasi mengalami kegagalan, pengguna dapat mengulangi langkah-langkah yang sama.

Apabila tidak melakukan autentifikasi sesuai jadwal, pembayaran uang pensiunan akan dihentikan sementara selama tiga bulan terhitung dari waktu terakhir pengguna Taspen Otentikasi ataupun melapor ke kantor cabang. (Ernestina Jesica Toji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper