Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dorong UMKM, Bank Mandiri Bangun 17 Rumah Kreatif BUMN

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk akan membangun sebanyak 17 Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang tersebar di seluruh Indonesia guna mendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).
Logo Bank Mandiri/Reuters-Beawiharta
Logo Bank Mandiri/Reuters-Beawiharta

Bisnis.com, SURABAYA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk akan membangun sebanyak 17 Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang tersebar di seluruh Indonesia guna mendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan sebanyak 3 RKB telah dibangun di wilayah Jawa Timur di antaranya berada di Jl. Khairil Anwar Surabaya, Trenggalek dan Ponorogo.

“Rumah kreatif ini akan memfasilitasi para pelaku UMKM mulai dari pelatihan dan pendampingan, sampai memasarkan produknya secara digitalisasi usaha melalui portal e-commerce blanja.com,” katanya di sela-sela Peresmian RKB Bank Mandiri Surabaya, Rabu (11/1/2017).

Rumah Kreatif BUMN yang merupakan program sinergi BUMN ini akan menyasar pelaku UMKM yang menjadi nasabah Bank Mandiri segmen micro banking, penerima program KUR Bank Mandiri, alumni Program Kemitraan Bank Mandiri serta UMKM lain yang berlokasi di sekitar RKB Mandiri.

“Kami berharap setidaknya ada 10 pelaku UMKM yang bisa go digital di setiap RKB Bank Mandiri pada setiap bulannya, sehingga UMKM semakin layak mendapatkan akses pendanaan dari lembaga pembiayaan,” imbuh Kartika.

Adapun wilayah lain yang menjadi lokasi RKB Bank Mandiri yakni di Bogor dan Cilegon di Jawa Barat, Kupang (NTT), Lampung Utara (Lampung), Pekanbaru (Riau), Lubuk Linggau (Sumatera Selatan), Semarang (Jawa Tengah), Pontianak (Kalimantan Barat), Penajem Paser Utara (Kalimantan TImur), Gorontalo (Gorontalo), Gowa (Sulawesi Selatan), Banggai (Sulawesi Tenggara), Ambon (Maluku) dan Wamena (Papua).

Dalam program ini, Bank Mandiri bekerja sama dengan berbagai pihak seperti PT Telkom (Persero) Tbk untuk pemanfaatan portal e-commerce, PT Permodalan Nasional Madani (Persero) untuk pembinaan pengembangan UMKM, serta dengan Nurbaya Initiative untuk pendataan dan sistem manajemen merchandise hasil produksi UMKM peserta RKB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Peni Widarti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper