Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BCA Akan Akuisisi 2 Bank Kecil, Ini Spesifikasinya

Bisnis.com, JAKARTA PT Bank Central Asia Tbk. memastikan bahwa dua bank kecil yang menjadi sasaran emiten berkode BBCA tersebut untuk diakuisisi adalah perbankan yang masuk dalam kategori kelompok Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) II.
Direktur Utama BCA Jahja Setiaadmadja. /Bisnis.com
Direktur Utama BCA Jahja Setiaadmadja. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Central Asia Tbk. memastikan bahwa dua bank kecil yang menjadi sasaran emiten berkode BBCA tersebut untuk diakuisisi adalah perbankan yang masuk dalam kategori kelompok Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) II.

"Tahapannya kita sedang lirik-lirik, tapi semakin serius. Nanti bank-bank kecil yang bagus lah. Maksimum BUKU II lah, ya nanti antara BUKU I dan BIKU II lah," ujar President Director BCA, Jahja Setiaatmadja, di sela-sela acara BCA Expoversary 2018 di ICE BSD Serpong Tangerang, akhir pekan ini.

Jahja menerangkan bahwa kedua bank kecil tersebut akan di merger satu sama lainnya, sehingga membentuk brand baru tersendiri dan berbeda dengan BCA seperti saat ini.

"Kita kan rencana dua bank itu akan digabung jadi satu. Kemudian BCA sendiri. Namanya nanti belum tahu," ujarnya.

Kemudian, ketika dipastikan dengan pertanyaan apakah beberapa bank bidikan BCA itu antara lain, Bank Harda Internasional dan Bank Ganesha, Jahja menjawab tidak.

Pihaknya juga menerangkan bahwa kedua bank kecil yang bakal diakuisisi tersebut akan bergerak pada segmen market yang berbeda dengan BCA saat ini sehingga dapat menjadikan banyak pilihan bagi nasabah BCA selama ini.

Jahja juga menegaskan bahwa kedua bank tersebut tidak akan disiapkan sebagai pengembangan digital perbankan bagi BCA.

Pasalnya, dirinya menilai saat ini BCA sudah bisa melakukan pengembangan digital perbankan sendiri secara internal.

"Jadi gini, kalau digital itu kelihatannya kita BCA sendiri sudah bisa kembangkan secara internal. Kita sudah punya beberapa, seperti Sakuku, Vira, jadi sekarang kita sudah digital ya. Apalagi sekarang 97% transaksi sudah pakai digital," ujarnya.

Pihaknya ingin menghadirkan bank yang berbeda dengan segmen market BCA saat ini. "Nah yang belum itu yang berkaitan di segmen beda dengan BCA. Kalau semacam barang kan ada brand satu dan brand dua, supaya benda dengan bisnis BCA yang ada. Nah kedua bank ini akan menjadi benar yang kedua ini," terangnya.

Seperti diketahui bahwa BCA belum lama ini menyatakan bakal melakukan akusisi terhadap dia bank kecil di Tanah Air. BCA telah menyiapkan dana hingga Rp4,5 triliun untuk akuisisi kedua bank kecil tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper