Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SUKU BUNGA KREDIT: Perbanas Prediksi Terus Menurun Pada 2013

JAKARTA--Perhimpunan Bank Umum Nasional atau Perbanas memrediksikan suku bunga kredit akan berangsur turun pada tahun depan karena terdorong oleh efisiensi perbankan.Sigit Pramono, Ketua Perbanas, mengatakan bank harus semakin efisien agar bisa bersaing

JAKARTA--Perhimpunan Bank Umum Nasional atau Perbanas memrediksikan suku bunga kredit akan berangsur turun pada tahun depan karena terdorong oleh efisiensi perbankan.Sigit Pramono, Ketua Perbanas, mengatakan bank harus semakin efisien agar bisa bersaing di pasar."Mau tidak mau bunga kredit berangsur turun. Bank harus berebut debitur potensial, sehingga siap memangkas bunga pinjaman," katanya dalam MarkPlus Conference 2013 di Jakarta, Kamis (13/12/2012).Sigit memberi contoh sejumlah bank sudah mau mematok suku bunga kredit pemilikan rumah single digit saat ini. Padahal, 20 tahun ke belakang, suku bunga KPR rata-rata berada pada kisaran double digit.Menurutnya, persaingan antarbank yang semakin ketat juga menjadi pemicu penurunan suku bunga kredit. "Aturan semakin ketat dan persaingan di lapangan membuat bank harus efisien," ujarnya.Perbanas memrediksikan penyakuran kredit pada tahun depan tumbuh sekitar 24%.  Menurutnya, permintaan kredit berpotensi akan terus tumbuh, apalagi di tengah tren penurunan suku bunga pinjaman. Bank Indonesia telah mempertahankan suku bunga acuan atau BI Rate pada level5,75%.(if) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Muhamad Sufyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper