Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

CITIBANK masih kaji aturan CEMA

News Editor
News Editor - Bisnis.com 28 Januari 2013  |  05:30 WIB
JAKARTA: Citibank Indonesia menyatakan masih mengkaji aturan kewajiban menyediakan aset yang bisa dihitung sebagai modal yang diterbitkan Bank Indonesia akhir tahun lalu. 
 
Regulasi yang dikenal dengan Capital Equivalent Maintenance Asset (CEMA) ini tertuang dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 14/18/PBI/2012, dan berlaku efektif per Juni 2013. 
 
Beleid ini mencantumkan bahwa kantor cabang bank asing (KCBA) yang beroperasi di Indonesia harus memenuhi CEMA sebesar 8% dari total kewajiban bank setiap bulan dan paling sedikit senilai Rp1 triliun. 
 
Citi Country Officer Indonesia Tigor M. Siahaan menuturkan masih ada waktu 6 bulan bagi perseroan untuk mengkaji aturan itu dan menyesuaikannya dengan strategi perusahaan. 
 
"Sebelum efektif berlaku akan kami share bagaimana langkah Citi ke depannya dengan adanya ketentuan ini. Kami cukup terbuka dengan aturan-aturan Bank Indonesia (BI)," paparnya, akhir pekan lalu. 
 
Tigor mengatakan seperti halnya semua bank yang ada di Indonesia, pihaknya juga membicarakan rencana bisnis secara detil dengan bank sentral. Dengan demikian, jika ada masalah dengan kantor pusat, BI bisa langsung menanyakannya ke pihak perusahaan. 
 
Menurut dia, yang lebih penting adalah bagaimana agar industri perbankan Indonesia bisa lebih maju, solid, dan prudent dalam 5 tahun atau 10 tahun ke depan, karena tantangannya cukup banyak. 
 
"Kita harus lihat bagaimana meningkatkan industri perbankan, sebab credit to GDP kita masih di kisaran 30%," ujar Tigor.  (ra)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Annisa Margrit

Editor : Rustam-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top