Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SUMITOMO MITSUI Beli 40% Saham BTPN Senilai US$1,5 Miliar

BISNIS.COM, JAKARTA--Sumitomo Mitsui Financial Group Inc membeli 40% saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) dengan nilai sekitar US$1,5 miliar.  Pembelian ini merupakan yang investasi terbesar yang dilakukan perusahaan Jepang tersebut

BISNIS.COM, JAKARTA--Sumitomo Mitsui Financial Group Inc membeli 40% saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) dengan nilai sekitar US$1,5 miliar. 

Pembelian ini merupakan yang investasi terbesar yang dilakukan perusahaan Jepang tersebut terhadap entitas perusahaan finansial asing.

Pada tahap awal, Sumitomo Mitsui Banking Corp., akan membeli 24,3% saham BTPN dengan nilai Rp6.500 per saham, dan berencana memperbesar porsi kepemilikan hingga 40%.

Sejumlah bank di Jepang tengah gencar melakukan investasi ke luar negeri. Indonesia dipilih karena mencatatkan pertumbuhan ekonomi cukup baik dibandingkan dengan negara lain di kawasan Asia.

“Negara-negara di Asia Tenggara menjadi pilihan bagi ekspansi industri perbankan di Jepang," ujar Toyoki Sameshima, analis BNP Paribas SA yang berbasis di Tokyo sebagaimana dikutip Bloomberg, Kamis (9/5/2013).

Realisasi pembelian 24,3% saham tersebut akan dilakukan pada 8-10 Mei 2013, dengan nilai transaksi Rp9,2 triliun. Adapun, pembelian lanjutan sebanyak 15,7% akan dilakukan setelahnya.

Nilai keseluruhan transaksi pembelian 40% saham tersebut diperkirakan mencapai US$1,5 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor :
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper