Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LPS Rate Tunggu Bunga Deposito

Bisnis.com, JAKARTA--Lembaga Penjamin Simpanan baru akan memutuskan LPS rate pada akhir bulan ini sambil memantau pergerakan suku bunga deposito di 58 bank nasional.Mirza Adityaswara, Kepala Eksekutif LPS, mengatakan LPS rate berbeda dengan BI rate dan
Roberto A. Purba
Roberto A. Purba - Bisnis.com 16 Juli 2013  |  19:09 WIB
LPS Rate Tunggu Bunga Deposito

Bisnis.com, JAKARTA--Lembaga Penjamin Simpanan baru akan memutuskan LPS rate pada akhir bulan ini sambil memantau pergerakan suku bunga deposito di 58 bank nasional.

Mirza Adityaswara, Kepala Eksekutif LPS, mengatakan LPS rate berbeda dengan BI rate dan FasBi rate yang fungsinya menyerap likuiditas.

"Bank Indonesia merupakan otoritas moneter yang juga bisa mengatur pasokan uang. Oleh karenanya, bank sentral punya alat untuk mengatur likuiditas. Fungsinya tentu berbeda dengan LPS rate," katanya, Selasa (16/5/2013)

Saat ini, suku bunga penjaminan untuk mata uang rupiah berada pada level 5,75% dan valuta asing sebesar 1,25%. Untuk bank perkreditan rakyat (BPR) dipatok pada level 8,25%

LPS rate itu berlaku mulai 15 Juni--14 September 2013. LPS saat itu memutuskan menaikkan LPS rate sebesar 25 basis poin mengikuti kenaikan BI rate dengan besran yang sama.

Mirza mengatakan BI bisa mengatur ketersediaan likuiditas dengan mengubah FasBI rate.

Dia memberi contoh, ketika berharap simpanan perbankan bertambah, maka bisa menaikkan FasBI rate.

Sebaliknya, ketika BI mengambil kebijakan menurunkan FasBI rate, ada kemungkinan bank yang memutuskan menarik dananya dari bank sentral.

Saat ini, FasBI rate berada pada level 4,75%. Suku bunga tersebut telah naik 100 basis poin dari posisi terendahnya 3,75%.

"BI rate lebih ke arah publikasi. Meskipun begitu, ketika BI rate naik, maka imbasnya akan mengerek bunga simpanan naik. Begitu pun bunga kredit," katanya.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bunga lps rate
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top