Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Kontraktor Asing Berminat Bangun Pabrik Baturaja II

Bisnis.com, JAKARTA - Empat kontraktor asing bersaing untuk membangun pabrik Baturaja II milik PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) yang ditargetkan mulai didirikan akhir tahun ini.
Herdiyan
Herdiyan - Bisnis.com 11 September 2013  |  05:05 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Empat kontraktor asing bersaing untuk membangun pabrik Baturaja II milik PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) yang ditargetkan mulai didirikan akhir tahun ini.

Direktur Utama Semen Baturaja Pamudji Rahardjo menuturkan pihaknya sedang melakukan tender proyek pembangunan pabrik Baturaja II saat ini.

Penandatanganan kontrak tender pabrik berkapasitas 1,85 juta ton per tahun itu diharapkan dapat segera dilakukan pada akhir November 2013 mendatang.

Sejak awal tahun ini, setidaknya ada 11 perusahaan asing yang telah berminat untuk membangun pabrik baru yang berlokasi di Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan itu.

Namun, saat ini jumlah tersebut telah menyusut menjadi empat perusahaan kontraktor pabrik semen dan telah memasuki tahap pengajuan proposal teknis.

“Di dunia ini, tidak banyak kontraktor pabrik semen, paling hanya sekitar empat perusahaan, seperti dari dua dari Jerman, Jepang, dan China. Nantinya, mereka bisa bermitra dengan kontraktor lokal, baik BUMN ataupun perusahaan swasta,” katanya kepada Bisnis Selasa (10/9/2013).

Setelah tahap pengajuan proposal teknis, perseroan berharap bulan depan telah memasuki pengajuan proposal komersial yang akan membicarakan masalah nilai kontrak.

Direktur Keuangan Semen Baturaja Ageng Purboyo Angrenggono mengungkapkan investasi pembangunan pabrik yang mencapai Rp2,65 triliun itu berasal dari sejumlah sumber, yakni kas internal Rp1 triliun, Rp1 triliun dari initial public offering (IPO), dan Rp500 miliar—Rp650 miliar berupa pinjaman bank.

Sementara itu, menurutnya, pabrik Baturaja II itu diperkirakan mulai beroperasi akhir 2016. Dengan pembangunan dua pabrik tersebut, kapasitas produksi Semen Baturaja akan meningkat dari saat ini sebesar 1,25 juta ton per tahun menjadi 3,85 juta ton per tahun di 2016.

Saat ini, perseroan memiliki tiga fasilitas pabrik yakni di Palembang dengan pabrik penggilingan dan pengantongan semen berkapasitas 350.000 ton per tahun dan pabrik terak di Baturaja berkapasitas 1,2  juta ton per tahun.

Selain itu, pihaknya juga memiliki pabrik penggilingan dan pengantongan semen dengan kapasitas 550.000 ton per tahun di Baturaja dan Pabrik Panjang yang merupakan pabrik penggilingan dan pengantongan semen dengan kapasitas 350.000 ton per tahun.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

semen semen baturaja baturaja ii
Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top