Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asuransi Mikro Masih Terhadang Empat Kendala

Sejumlah kendala dinilai masih menghadang pertumbuhan bisnis asuransi mikro

Bisnis.com, JAKARTA—Pengembangan bisnis asuransi mikro terkendala sejumlah hal sehingga dinilai tidak banyak bergerak kendati sejumlah perusahaan asuransi telah mulai memasarkan produk ini sejak beberapa tahun lalu.

Muliaman D Hadad, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), menyebutkan setidaknya ada 4 hambatan pengembangan produk asuransi mikro.

Pertama, kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai asuransi sehingga masyarakat secara umum belum mengenal pentingnya berasuransi.

“Asuransi memang agak sulit dipahami. Ini pekerjaan kita semua untuk memperkenalkan asuransi,” ujarnya dalam peluncuran Grand Design Pengembangan Asuransi Mikro Indonesia, Kamis (7/10/2013).

Hambatan selanjutnya, menurut Muliaman, adalah minimnya variasi produk asuransi mikro sehingga publik tidak banyak punya pilihan.

Selain itu, reputasi industri asuransi masih dinilai belum terlalu baik oleh sebagian besar masyarakat. Hal ini terjadi karena beberapa kali terjadi sengketa pembayaran klaim antara nasabah dengan perusahaan asuransi.

Hambatan lainnya yang disebutkan Muliaman adalah adanya anggapan bahwa produk asuransi hanya diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan besar.

“Oleh karena itu kami berupaya mendorong pengembangan asuransi mikro dengan mempersiapkan grand design,” katanya.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper