Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BPJS Kesehatan Siap Manfaatkan TI

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) Kesehatan menggunakan sistem berbasis TI dan Komunikasi dalam persiapan dan operasionalnya.
Tisyrin Naufalty Tsani
Tisyrin Naufalty Tsani - Bisnis.com 14 November 2013  |  17:29 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) Kesehatan menggunakan sistem berbasis TI dan Komunikasi dalam persiapan dan operasionalnya.

Sistem yang disebut Sistem Informasi Manajemen BPJS Kesehatan (SIM BPJS Kesehatan) tersebut memiliki empat komponen yaitu sistem aplikasi, infrastruktur dan jaringan komunikasi data, manajemen database serta operasional/SDM.

“Ini satu langkah maju lagi di dalam pesiapan atau kesiapan untuk BPJS bisa berfungsi secara optimal pada tanggal 1 januari 2014,” kata Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, Kamis (14/11/2013).

Aplikasi yang ada dalam sistem tersebut a. l aplikasi pemasaran, kepesertaan dan kolekting premi.

Saat ini, seluruh Kantor Divisi Regional, Kantor Cabang serta Kantor Operasional Kabupaten/Kota PT Askes sudah terhubung dengan data center di Kantor Pusat.

Sementara terkait regulasi BPJS Kesehatan, Direktur Utama Askes Fahmi Idris menjelaskan bahwa sebagian besar regulasi sudah mencapai tahap finalisasi.

“Jadi tanggal 25 November itu sudah selesai,” katanya.  (ra)

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jaminan sosial bpjs kesehatan
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top