Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siapa Orang Terkaya Indonesia Tahun 2013? Ini Daftarnya

Dibandingkan 2012, tahun ini Forbes menambah cakupan peringkat menjadi 50 orang terkaya dari sebelumnya 40 orang. Total nilai aset 50 orang terkaya itu mencapai US$95 miliar.

10 Besar Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2013

No

Nama

Kekayaan

 (US$ miliar)

1

R.Budi&Michael Hartono

15

2

Eka Tjipta Widjaja

7

3

Anthoni Salim

6,3

4

Susilo Wonowidjojo

5,3

5

Chairul Tanjung

4

6

Sri Prakash Lohia

3,7

7

Boenjamin Setiawan

3

8

Peter Sondakh

2,7

9

Mochtar Riady

2,5

10

Sukanto Tanoto

2,3

 Ket:  Batas bawah nilai kekayaan terendah dalam daftar ini sebesar $390 juta

Bisnis.com, JAKARTA - Forbes merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia pada tahun ini dengan menempatkan pengusaha perbankan dan rokok R.Budi dan Michael Hartono sebagai orang terkaya (nomor urut 1) di negeri ini dengan kekayaan sebesar US$15 miliar.

Ini berarti keluarga Hartono bersaudara ini tetap bertahan sebagai orang terkaya di Indonesia untuk lima kali berturut-turut. Hartono bersaudara mengumpulkan kekayaan itu dari pundi-pundi kekayaan di sektor perbankan dengan menguasai Bank Central Asia, mengendalikan perusahaan rokok Djarum, bisnis infrastruktur telekomunikasi, bisnis Sarana Menara Nusantara.

Dibandingkan 2012, tahun ini Forbes menambah cakupan peringkat menjadi 50 orang terkaya dari sebelumnya 40 orang. Total nilai aset 50 orang terkaya itu mencapai US$95 miliar.

Menurut Justin Doebele, Chief Editorial Advisor of Forbes Indonesia, dengan perlambatan pertumbuhan ekonomi, banyak orang kaya di Indonesia yang tergerus kekayaannya. "Namun demikian, prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia masih sangat besar dan prospek jangka panjang masih tetap positif baik untuk Indonesia secara keseluruhan maupun peningkatan kekayaan penduduknya."

Menyusul di urutan ke-2, Eka Tjipta Widjaja (90 tahun) dengan kekayaan sebesar $7 miliar, lebih kecil $700 juta dibanding tahun lalu. Pemilik salah satu perusahaan perkebunan terbesar di dunia Golden Agri Resources ini berkurang kekayaannya akibat harga komoditas yang melemah.

Forbes menyebutkan kekayaan Anthoni Salim (Salim Group) meningkat paling signifikan, naik ke peringkat ke-3 untuk pertama kalinya dengan kekayaan US$6,3 miliar, naik US$5,2 miliar. Indofood Sukses Makmur yang dikuasai keluarga Salim tahun ini berekspansi ke Brasil dengan membeli perusahaan gula.

Selain itu, Chairman Lippo Group Mochtar Riady juga untuk pertama kali masuk daftar 10 besar orang terkaya Indonesia, naik dua peringkat dari urutan ke-11 dengan kekayaan US$2,5 miliar, meningkat US$300 juta dari tahun lalu.

Lippo Group memiliki usaha di sektor properti, ritel kesehatan dan pendidikan. Lippo Group juga gencar melakukan ekspansi di luar negeri. Baru-baru ini, kelompok usaha tersebut membeli U.S. Bank Tower, gedung tertinggi di California senilai $368 juta.

Daftar ini disusun berdasarkan kepemilikan saham dan informasi keuangan yang diperoleh dari keluarga dan individu, bursa, analis, dan sumber-sumber lainnya. Peringkat ini mencerminkan kekayaan keluarga, termasuk yang tersebar di keluarga jauh, misalnya pada nilai kekayaan Susilo Wonowidjojo.

Kekayaan yang diperoleh dari perusahaan publik dihitung berdasarkan harga saham dan nilai tukar uang per 14 November 2012. Sementara dasar penghitungan untuk perusahaan tertutup menggunakan perusahaan sejenis yang sahamnya diperdagangkan secara publik sebagai pembanding.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yusran Yunus
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper