Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

75% Orang Indonesia Tetap Bekerja Di Masa Pensiun

Sebanyak 75% orang Indonesia masih berpikiran untuk terus bekerja selama masa pensiun.

Bisnis.com, JAKARTA — Sebanyak 75% orang Indonesia masih berpikiran untuk terus bekerja selama masa pensiun.

Hasil survei Manulife Investor Sentiment Index pada kuartal IV/2013 menyebutkan bahwa, sebanyak 75% orang Indonesia tersebut baru akan berhenti bekerja pada usia rata-rata 68 tahun.

Putut Endro Andanawarih, Director of Business Development of PT Manulife  Aset Manajemen Indonesia, mengatakan karena kebutuhan saat masa pensiun semakin tinggi terutama untuk kesehatan, maka sebagian besar orang menginginkan untuk bekerja lagi.

“Sebagian besar responden menginginkan kerja lagi,” katanya Selasa (11/2/2014).

Menurutnya, masyarakat Indonesia masih memiliki perencanaan yang kurang dalam menyiapkan kebutuhan di masa pensiun. Mereka, lanjutnya, belum optimal dalam memilih instrumen investasi yang tepat untuk kebutuhan pensiun.

Berdasarkan hasil survei tersebut, angka 75% adalah yang tertinggi di Asia karena rata-rata di negara lainnya hanya mencapai 54%. Jika dibandingkan kuartal III/2013, angka 75% tersebut meningkat karena hasil survei saat itu menunjukkan terdapat 68% responden yang masih berpikiran untuk terus bekerja di masa pensiun.

Chief of Employee Benefits PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia Nur Hasan Kurniawan memaparkan sebanyak 29% responden baru mulai berpikir menyiapkan pensiun setelah mereka menikah.

“29% memulai berpikir menyiapkan pensiun setelah menikah,” katanya.

Selain itu, 25% responden baru mulai berpikir menyiapkan pensiun setelah bekerja selama beberapa tahun. Lalu, sebanyak 21% baru mulai berpikir menyiapkan pensiun setelah mereka memiliki anak pertama.

Hasil survei tersebut, lanjutnya, juga memaparkan bagaimana para responden mencukupi kebutuhan pensiun mereka.

Sebanyak 73% responden akan menambah kekurangan dana mereka dari tabungan atau deposito, 56% akan mencari pekerjaan tambahan, 19% akan berinvestasi pada properti dan 19% akan mencari cara untuk mencukupi kebutuhan hidup.

Survei juga menemukan bahwa 79% responden berusia diatas 48 tahun tidak mengharapkan dukungan anak-anak di masa pensiun. Karena itulah, mereka masih bekerja di usia pensiun. Angka tersebut sangat tinggi jika dibandingkan Malaysia yang hanya 60%.

Survei Manulife Investor Sentiment Index di Indonesia pada kuartal IV/2013 dilaksanakan terhadap 500 orang di tiga kota. Survei ini dilakukan Manulife di setiap kuartal untuk mengukur dan melacak pandangan investor di tujuh negara perihal perilaku mereka terhadap kelas aset utama dan hal lain yang terkait.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper