Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pegawai BRI Gelapkan Dana KUR Miliaran Rupiah Terancam Pasal TPPU

Oknum pegawai BRI Jambi yang melakukan penggelapan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) miliaran rupiah bisa dijerat pasal pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).
News Editor
News Editor - Bisnis.com 27 Februari 2014  |  09:55 WIB
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAMBI – Oknum pegawai BRI Jambi yang melakukan penggelapan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) miliaran rupiah bisa dijerat pasal pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Kasat Reskrim Polresta Jambi, Kompol Sunhot P Silalahi Sik di Jambi mengatakan hasil ekspos kasus oknum pegawai BRI Jambi diduga menggelapkan uang senilai miliaran rupiah dalam bentuk kegiatan dana KUR, bisa mengarah para beberapa pasal tentang Undang-Undang pidana korupsi, TPPU, dan Perbankan.

"Hasil ekspos kita dengan Polda dan Mabes Polri serta anggota DPD RI maupun pihak BRI pusat, maka kasus ini akan dilanjutkan penyelidikannya dan ada tiga pelanggaran pasal pada UU tipikor, TPPU dan Perbankan yang akan dikenakan pada pelaku," kata Sunhot seperti dikutip Antara, Kamis (27/2/2014).

Penyidik Sat Reskrim Polresta Jambi hingga saat ini masih melakukan penyelidikan terkait kasus dugaan penggelapan yang diduga dilakukan oleh oknum pegawai Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan kerugian mencapai miliaran rupiah.

Sebelum dilakukan gelar perkara di Polda, pihaknya juga telah melakukan gelar perkara di Mabes Polri dan beberapa pihak terkait dan dalam kasus ini dugaan penggelapan yang dilaporkan pihak Bank BRI Cabang Jambi, beberapa waktu lalu akan diarahkan ke tiga pasal tersebut.

"Karena kasus ini akan kita arahkan ke undang undang tindak pidana korupsi, pencucian uang dan perbankan, makanya penyidik Polresta Jambi juga minta bantuan Polda untuk mendukung pengungkapan kasus ini sebab kasus ini baru pertamakali kita tangani," jelas Sunhot.

Penyidik Polresta Jambi akan melanjutkan kasus ini ke tingkat penyidikan dan masih menunggu perkembangan penyidikan dengan hasil pemeriksaan lima orang saksi dari BRI Cabang Jambi yang sudah dimintai keterangannya, termasuk pimpinan dari BRI Cabang Jambi.

Sebelumnya berdasarkan hasil audit pihak BRI Cabang Jambi, ada beberapa nasabah yang diduga fiktif dalam penyaluran dana KUR dan dalam kasus ini diduga telah terjadi tindak pidana penggelapan dalam jabatan dan terkait temuan itu manajemen Bank BRI Cabang Jambi melaporkan karyawannya ke Polresta Jambi karena diduga telah melakukan penggelapan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bri tppu

Sumber : Newswire

Editor : Nurbaiti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top