Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 BPD Ini Raih Peringkat Level A dari Fitch Ratings

Lembaga pemeringkat Fitch Ratings memberikan peringkat jangka panjang untuk 4 bank pembangunan daerah (BPD) di Indonesia pada level A.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga pemeringkat Fitch Ratings memberikan peringkat jangka panjang untuk 4 bank pembangunan daerah (BPD) di Indonesia pada level A.

Dikutip dari Reuters, Rabu (26/3), disebutkan keempat BPD yang memperoleh rating tersebut a.l. PT BPD Riau dan Kepri, PT BPD Lampung, PT BPD Maluku, dan PT BPD Sulawesi Utara.

Fitch menilai prospek keempat BPD tersebut pada level outlook stabable. Pada saat yang sama, Fitch telah menyematkan peringkat jangka pendek F1 kepada Bank Riau Kepri, Bank Lampung dan Bank Sulut.

Peringkat A untuk rating jangka panjang nasional menunjukkan risiko gagal bayar yang relatif rendah terhadap emiten lain atau kewajiban perusahaan di Indonesia.

Kendati demikian, perubahan kondisi ekonomi diperkirakan dapat mempengaruhi kapasitas untuk pembayaran utang pada waktu yang tepat bagi kewajiban yang lebih besar dan dilambangkan dengan nilai lebih tinggi.

Peringkat F1 untuk rating jangka pendek nasional menunjukkan kemampuan terkuat bagi pembayaran kewajiban pada waktu yang tepat terhadap emiten atau perusahaan lain.

Pada skala peringkat nasional yang disematkan Fitch, peringkat ini ditujukan untuk menilai risiko yang relatif memiliki standar paling rendah terhadap pihak lain. Dimana profil likuiditas sangat kuat "+" ditambahkan terhadap peringkat yang diberikan.

Bank Riau Kepri, Bank Lampung, Bank Maluku, dan Bank Sulut mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah provinsi, kota dan kabupaten di dalam provinsi masing-masing.

Penegasan dari penilaian jangka panjang secara nasional itu mencerminkan dukungan yang kuat dari pemerintah daerah dan pusat.

Pemerintah pusat dapat memberikan dukungan terbatas kepada 4 BPD ini apabila diperlukan mengingat peran kebijakan penting dalam mendukung perkembangan ekonomi di wilayah mereka dan terlepas dari risiko sistemik yang lebih rendah dibandingkan dengan bank-bank besar lainnya di Indonesia.

Peringkat yang diberikan oleh Fitch Ratings, diantaranya Bank Riau Kepri pada peringkat jangka panjang nasional dengan nilai A outlook stabil, peringkat jangka pendek nasional dengan nilai F1, dan Obligasi senior 2011 dalam bentuk rupiah dengan nilai A.

Untuk Bank Lampung, Fitch memberikan peringkat jangka panjang nasional dengan nilai A outlook stabil, peringkat jangka pendek nasional dengan nilai F1, dan obligasi senior 2012 dalam bentuk rupiah dengan nilai A.

Bank Maluku mendapatkan peringkat jangka panjang nasional dengan nilai A outlook stabil, peringkat jangka pendek nasional pada level F1, obligasi senior 2011 dengan nilai rupiah diberikan peringkat A.

Adapun, Bank Sulut mendapatkan peringkat jangka panjang nasional dengan nilai A outlook stabil dan peringkat jangka pendek nasional dengan nilai F1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper