Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hanya 25% Perempuan Indonesia Punya Rencana Keuangan Matang

Perencanaan keuangan untuk berinvestasi dan masa depan sangat penting bagi semua orang, tak terkecuali perempuan.
Lukmanul Hakim Daulay
Lukmanul Hakim Daulay - Bisnis.com 23 April 2014  |  20:45 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Perencanaan keuangan untuk berinvestasi dan masa depan sangat penting bagi semua orang, tak terkecuali perempuan.

Beberapa hasil survei menunjukkan 75% keuangan rumah tangga dikelola oleh perempuan. Kaum hawa juga mengelola 89% rekening keluarga. Artinya, dewasa ini perempuan memiliki peranan yang lebih besar dibanding pria dalam hal pengaturan keuangan keluarga.

Walau secara persentase keseluruhan hasil ini terlihat tinggi, temuan lain dalam survei tersebut cukup mengejutkan, yakni hanya 26% perempuan Indonesia memiliki rencana keuangan dan pensiun yang matang.

Temuan ini cukup mengkhawatirkan dan membuktikan bahwa perempuan Indonesia ke depannya harus cermat dalam mempersiapkan diri menjelang masa pensiun mereka agar dapat memiliki kemandirian finansial.

Untuk memulai kemandirian finansial, dibutuhkan informasi dan pengetahuan memadai yang dapat mendukung pencapaian tujuan tersebut. Menanggapi fenomena rendahnya kemandirian finansial perempuan Indonesia, Bank Ekonomi bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW) Jakarta telah mengadakan Pendidikan Keuangan unutk Perempuan Dewasa di daerah Tambora Jakarta Barat.

Program ini dimulai Oktober 2013 dan pada 23 April 2014 berhasil meluluskan 120 peserta yang mayoritas merupakan ibu rumah tangga dalam seremoni Pelepasan Wisuda di Graha Ekonomi.

Sebagai rangkaian acara, Bank Ekonomi juga menyelenggarakan seminar edukasi finansial bertajuk “WoW – Women on Wealth” dengan penekanan pada pentingnya menabung bagi ibu rumah tangga yang dibawakan oleh Direktur Keuangan Bank Ekonomi, Helena Suryawani.

“Kesadaran akan pentingnya memiliki kemandirian finansial dan kesiapan menjelang hari tua melalui investasi merupakan dua hal yang harus dipersiapkan sejak dini oleh semua perempuan Indonesia," ujar Direktur PPSW Jakarta Tri Endang Sulistyowati di sela-sela kegiatan itu, Rabu (23/4/2014).

Dalam program yang berlangsung selama 6 bulan di Tambora Jakarta Barat ini peserta telah belajar  mengenai pentingnya pemahaman dan kesadaran akan tata kelola keuangan dan investasi yang bijak bagi perempuan.

Materi edukasi finansial yang diberikan meliputi Rencana Keuangan, Investasi serta Membuat Anggaran dan Tabungan. “Acara ini kami adakan bertepatan dengan momen peringatan Hari Kartini dan Hari Internasional Wanita yang sebenarnya telah diperingati serentak di seluruh dunia pada  Maret lalu."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips keuangan
Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top