Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BPJS Kesehatan: Baru Dua Perusahaan Asuransi Swasta Bergabung

Menjelang empat bulan operasional Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS ) Kesehatan, baru dua perusahaan asuransi swasta yang bergabung dalam skema koordinasi manfaat (coordination of benefit/CoB).
Farodlilah Muqoddam
Farodlilah Muqoddam - Bisnis.com 25 April 2014  |  16:10 WIB
Ilustrasi - rsudkolonelabundjani.org
Ilustrasi - rsudkolonelabundjani.org

Bisnis.com, JAKARTA -- Asuransi swasta yang memiliki produk asuransi kesehatan akan mulai bergabung dalam skema koordinasi manfaat (coordination of benefit/CoB) dengan BPJS Kesehatan pada akhir tahun ini.

Julian Noor, Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mengatakan saat ini baru ada dua perusahaan asuransi swasta yang bergabung dalam skema CoB, yakni mereka yang sebelumnya menangani nasabah kumpulan dari perusahaan BUMN. Salah satunya adalah PT Asuransi Sinar Mas.

“Karena pada 2014 perusahaan BUMN masuk ke dalam BPJS Kesehatan, perusahaan asuransinya otomatis maju duluan,” ujar Julian, Jumat (25/4/2014).

Perusahaan asuransi swasta lainnya, kata Julian, masih belum mulai masuk ke skema koordinasi manfaat dengan BPJS Kesehatan karena masih menunggu hingga pembahasan teknis mengenai skema tersebut rampung.

Julian memperkirakan mereka akan mulai masuk pada akhir tahun ini, yakni ketika perusahaan asuransi memperbarui kontrak dengan klien mereka terutama yang terdiri atas nasabah kumpulan. Kerja sama ini akan diprakarsai perusahaan asuransi besar dan diikuti perusahaan lain yang berminat.

 “Renewal kontrak tahun lalu belum masuk, mungkin akan masuk mulai tahun ini,” ujarnya.

Sejak beroperasi pada 1 Januari 2014, katanya, BPJS Kesehatan belum banyak menangani peserta yang berasal dari perusahaan asuransi swasta.

Badan publik ini masih fokus pada peserta yang merupakan pelimpahan dari PT Askes, PT Jamsostek, penerima bantuan iuran (PBI), dan para pendaftar baru.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asuransi kesehatan bpjs kesehatan
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top