Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Kesepakatan Kementerian LH & OJK Soal Keuangan Berkelanjutan

Kementrian Lingkungan hidup (KLH) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menandatangai kesepakatan bersama tentang peningkatan peran lembaga jasa keuangan dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui pengembangan jasa keuangan berkelanjutan di Jakarta, Senin (26/5/2014).

Bisnis.com, JAKARTA—Kementrian Lingkungan hidup (KLH) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menandatangai kesepakatan bersama tentang peningkatan peran lembaga jasa keuangan dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui pengembangan jasa keuangan berkelanjutan di Jakarta, Senin (26/5/2014).

Kerjasama tersebut merupakan program lanjutan KLH dengan Bank Indonesia yang sebelumnya telah terjalin sejak 2010.

Adapun dalam nota kesepakatan tersebut berisi beberapa upaya bersama antara KLH dan OJK, yaitu harmonisasi kebijakan di sektor jasa keuangan dengan kebijakan di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Selanjutnya harmonisasi kebijakan di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dengan kebijakan di sektor jasa keuangan; penyediaan dan pemanfaatan data dan informasi lingkungan hidup untuk pengembangan jasa keuangan berkelanjutan.

Kemudian penelitian dan survei dalam rangka penyusunan konsep kebijakan di bidang keuangan berkelanjutan; peningkatan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia sektor jasa keuangan di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Sementara itu Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya berharap dengan nota kesepahaman tersebut dapat mengubah paradigma pembangunan nasional dari greedy economy menjadi green economy.

“Kami juga berharap perhatian masyarakat terhadap isu lingkungan hidup semakin meningkat, sehingga daya saing industri yang ramah lingkungan juga meningkat,” tutur Balthasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper