Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BTN Targetkan NPL pada Level 3,35%

PT Bank Tabungan Negara Tbk menargetkan non performing loan/NPL berada pada level 3,35% pada akhir tahun ini. NPL net perseroan pada semester I/2014 tercatat pada level 3,83% atau mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yakni 3,65%.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 05 Agustus 2014  |  17:41 WIB
Logo Bank BTN - Bisnis
Logo Bank BTN - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--PT Bank Tabungan Negara Tbk menargetkan non performing loan/NPL berada pada level 3,35% pada akhir tahun ini. NPL net perseroan pada semester I/2014 tercatat pada level 3,83% atau mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yakni 3,65%.

Maryono, Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk mengatakan dua sektor yang berkontribusi besar terhadap NPL perseroan ialah kredit konstruksi dan kredit mikro. Peningkatan NPL pada sektor konstruksi merupakan dampak dari kebijakan Bank Indonesia terkait uang muka pinjaman atau loan to value(LTV). Kebijakan itu baru terasa dampaknya sekarang karena kondisi likuiditas perbankan yang ketat.

"Konstruksi kan banyak jadi kami menyiapkan penjualan beberapa konstruksi yang mandek ke pihak ketiga. Sejauh ini berhasil sehingga hasilnya akan nampak pada kuartal III nanti," ujarnya kepada Bisnis.com, Selasa (5/8/2014).

Maryono menuturkan kredit sektor konstruksi pada semester pertama mengalami perlambatan. Kondisi serupa masih akan berlanjut pada semester II. Perlambatan khususnya terjadi pada konstruksi kelas atas

Untuk kontruksi kelas menengah, menurutnya, masih akan bertumbuh karena permintaan masih cukup besar. Konstruksi kelas menengah ke bawah akan menjadi salah satu fokus BTN sebesai bank yang khusus bergerak pada pembiayaan rumah.

Dia melanjutkan untuk meredam pertumbuhan NPL kredit mikro, manajemen akan memanfaatkan fasilitas asuransi kredit sehingga bisa menutupi kredit mikro yang bermasalah. " Target kami pada akhir tahun bisa pada level 3,35% atau 3,36%," jelasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

btn kredit npl
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top