Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BRI Jajaki Utang dari 11 Bank Senilai Rp6,5 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (BBRI) Tbk. tengah menjajaki pinjaman dengan skema club deal senilai US$500 juta untuk refinancing obligasi yang jatuh tempo.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 10 April 2015  |  18:47 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bank Rakyat Indonesia (BBRI) Tbk. tengah menjajaki pinjaman dengan skema club deal senilai US$500 juta atau Rp6,5 triliun (kurs Rp13.000 per dolar AS) untuk refinancing obligasi yang jatuh tempo.

Haru Koesmahargyo, Direktur Keuangan BRI, mengatakan beberapa bank yang akan terlibat dalam club deal itu antara lain Deutsche Bank, PT Bank ANZ Indonesia, dan The Hong Kong & Shanghai Bank Corporation. "[Nilai pinjaman] Maksimum US$500 juta, bunga Libor plus 165 bps, [jadi ] sekitar 2%," katanya, Jumat (10/4/2015).

Menurut Haru, kesepakatan pinjaman tersebut akan diteken dalam waktu dekat. Dia menjelaskan, pinjaman dari 11 bank akan digunakan untuk melunasi obligasi yang akan jatuh tempo pada semester II mendatang.

Haru menerangkan, BRI memilih mencari pinjaman agar bisa segera meraih dana untuk membayar obligasi yang akan jatuh tempo. "Kami refinancing dengan pinjaman club deal supaya enggak mendadak nyari-nyari [dana]," tukasnya.

Sepanjang tahun lalu, BRI memang gencar mencari pinjaman sebagai sumber pendanaan di luar dana pihak ketiga (DPK). Per Desember 2014, jumlah pinjaman BRI meroket 175% menjadi Rp24,9 triliun.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank bri bank rakyat indonesia
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top