Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rini Soemarno Serukan BUMN Tingkatkan Kontribusi

Perayaan 70 Tahun Indonesia Merdeka menjadi momentum tepat bagi BUMN untuk meneguhkan tekadnya memajukan perekonomian nasional dengan meningkatkan kontribusi maksimalnya kepada negara.
Menteri BUMN Rini Soemarno (kedua kiri). /Bisnis.com
Menteri BUMN Rini Soemarno (kedua kiri). /Bisnis.com

Bisnis.com, MAMUJU - Perayaan 70 Tahun Indonesia Merdeka menjadi momentum tepat bagi BUMN untuk meneguhkan tekadnya memajukan perekonomian nasional dengan meningkatkan kontribusi maksimalnya kepada negara.

"Total aset seluruh BUMN saat ini telah mencapai Rp4.600 triliun. Dengan aset sebesar ini, kontribusi terhadap perekonomian nasional akan semakin besar," kata Menteri BUMN Rini Soemarno dalam sambutan tertulisnya.

Sambutan Menteri BUMN dibacakan Deputi Menteri BUMN Bidang Usaha Agro dan Farmasi Muhamad Zamkhani dalam upacara peringatan kemerdekaan RI ke-70 di lingkungan BUMN se-Sulawesi Barat, Senin (17/8/2015).

Rini mengatakan sejalan dengan tuntutan BUMN harus memberikan kinerja dan pelayanan publik yang lebih baik, BUMN juga harus berperan sebagai agent of development yakni perpanjangan tangan pemerintah untuk peningkatan dan pemerataan pembangunan Tanah Air.

Hal itu, paparnya, dimanifestasikan dengan peran serta BUMN dalam mewujudkan kedaulatan maritim dan mengembangkan industri pertahanan nasional, mewujudkan pembangunan infrastruktur dasar dan konektivitas, mewujudkan kedaulatan pangan dan kedaulatan energi, serta mendukung pembangunan sektor keuangan berbasis nasional.

Dia menjelaskan peran nyata BUMN diwujudkan dalam pembangunan proyek-proyek strategis yang nilainya cukup besar. Pada tahun 2015 ini terdapat sekitar 86 proyek yang dikerjakan oleh 25 BUMN, dengan total nilai proyek mencapai Rp 318,5 triliun dan US$ 5,1 miliar.

"Proyek-proyek tersebut a.l.  pembangunan jalan tol, pembangkit listrik tenaga uap, kepelabuhanan dan kebandaraan  serta eksplorasi dan produksi migas".

Rini menekankan perayaan 70 Tahun Indonesia Merdeka, harus dijadikan tonggak BUMN untuk memberikan kontribusi yang optimal bagi masyarakat, BUMN harus hadir langsung di tengah-tengah masyarakat.

"Kementerian BUMN menginisiasi program BUMN Hadir Untuk Negeri, yang diselenggarakan oleh seluruh BUMN secara serentak di 34 provinsi di seluruh Tanah Air, yang menjadi pertanda pula seluruh BUMN dapat bersinergi untuk membangun negeri," ujarnya.

JANGAN LEWATKAN: RNI Bagikan 2.061 Paket Sembako Murah di Sulbar

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yusran Yunus
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper