Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GFI Siap Perangi Aliran Dana Haram

Global Financial Integrity (GFI), organisasi yang berbasis di Washington D.C, AS, menyatakan siap bekerja sama dengan pemerintah mana pun untuk mengatasi aliran dana haram terkait dengan diadopsinya masalah tersebut ke Sustainable Development Goals (SDGs) pada pekan ini
 Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Global Financial Integrity (GFI), organisasi yang berbasis di Washington D.C, AS,  menyatakan siap bekerja sama dengan pemerintah mana pun untuk mengatasi aliran dana haram terkait dengan diadopsinya masalah tersebut ke Sustainable Development Goals (SDGs) pada pekan ini.

GFI menyatakan pihaknya memuji Majelis Umum PBB yang mengadopsi resmi SDGs, dengan komponen anti aliran dana haram di dalamnya untuk menjadi bagian dari persamaan pembangunan. Presiden GFI Raymond Baker menuturkan ini adalah tujuan organisasi itu dibentuk pada 2006.

"Aliran dana haram sekarang menjadi dikenal dan dibahas dalam SDGs, ini menjadi momentum penting bagi upaya pembangunan di seluruh dunia," kata Baker dalam keterangannya.

GFI menyatakan aliran dana haram itu sudah melebih nilai bantuan pembangunan resmin dan investasi asing langsung sejumlah negara berkembang dalam 10 tahun terakhir.

Langkah berikutnya, sambung Baker, adalah mengatasi persoalan terbesar dalam aliran dana haram itu yakni trade misinvoicing atau rekayasa nilai barang. Ini adalah kekeliruan yang disengaja pada nilai barang ekspor maupun impor guna menghindari pajak lebih besar  dan akhirnya menempatkan uang itu ke negara surga pajak.

Oleh karena itu, Baker menuturkan GFI siap bekerja sama dengan pemerintah untuk mengatasi tantangan rekayasa  nilai atas transaksi komersial tersebut. Dalam 10 tahun terakhir, penipuan nilai barang komersial itu diperkirakan mencapai US$5 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Anugerah Perkasa
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper