Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Caranya Mempersiapkan Keuangan untuk Menyambut Kelahiran Anak

Pasangan suami istri yang akan dikaruniai anak akan sibuk melakukan berbagai persiapan ini itu. Sang istri biasanya gemar sekali berburu perlengkapan bayi. Sebelum berbelanja terlalu berlebihan, alangkah baiknya jika pasangan menilik kembali kondisi finansial mereka. Atau bagi pasangan yang baru saja menikah, jika masih ada waktu untuk mematangkan berbagai persiapan finansial, matangkanlah.n
Ilustrasi/Top10inaction
Ilustrasi/Top10inaction

Bisnis.com, JAKARTA--Pasangan suami istri yang akan dikaruniai anak akan sibuk melakukan berbagai persiapan ini itu. Sang istri biasanya gemar sekali berburu perlengkapan bayi. Sebelum berbelanja terlalu berlebihan, alangkah baiknya jika pasangan menilik kembali kondisi finansial mereka. Atau bagi pasangan yang baru saja menikah, jika masih ada waktu untuk mematangkan berbagai persiapan finansial, matangkanlah.

Apa saja persiapan finansial yang harus dilakukan untuk menyambut buah hati? Senior Advisor OneShieldt Financial Planning Pandji Harsanto memaparkan ada tujuh hal penting yang harus dipersiapkan oleh pasangan suami istri.

Pertama, dana untuk kontrol bulanan dan mingguan. Masukan dana untuk keperluan tersebut ke dalam pos pengeluaran bulanan. Tak hanya biaya kontrol saja yang harus ada, siapkan juga biaya transportasi, biaya untuk membeli suplemen, dan lain sebagainya.

Kedua, dana untuk persalinan. Lihat dahulu apakah asuransi yang diperoleh dari tempat kerja menanggung biaya persalinan? Jika tidak, tentu dananya harus disiapkan sendiri. Gunakan waktu yang ada selama beberapa bulan untuk mengumpulkannya, terutama jika persalinan nantinya harus dilakukan dengan cara operasi caesar. Yang terpenting, jangan sampai menggunakan hutang konsumtif seperti kartu kredit. Jika terpaksa, carilah hutang tanpa bunga misalnya ke keluarga dekat.

Ketiga, dana darurat. Saat hamil, istri memiliki jatah cuti selama tiga bulan atau bisa saja istri memilih berhenti bekerja untuk sementara. Pada masa itu, dana darurat sangat dibutuhkan karena mau tidak mau pengeluaran tetap ada.  “Siapkan dana darurat sebesar enam hingga sembilan kali pengeluaran bulanan,” katanya kepada Bisnis.

Namun, sebelum istri memutuskan untuk tidak sekedar cuti namun berhenti bekerja sementara, tengok dulu cicilan utang. Berapa jumlahnya? Jika tidak melebihi 30% dari penghasilan suami maka aman-aman saja. Namun, jika lebih dari itu kurangi dahulu total cicilan utang atau menambah penghasilan suami.

Keempat, asuransi jiwa untuk pencari nafkah. Mengapa asuransi jiwa ini penting? Ya, dengan adanya kehamilan istri, tandanya tanggungan suami akan bertambah. Jika terjadi hal yang tak diinginkan misalnya suami meninggal dunia atau mengalami cacat tetap, asuransi jiwa akan mengamankan penghasilan keluarga. Besar uang pertanggungan yang dibutuhkan minimal 60 kali penghasilan bulanan. Beli asuransi jiwa yang murah, jenisnya asuransi jiwa berjangka (term life insurance).

Kelima, biaya kesehatan dan imunisasi bayi. Keduanya memerlukan biaya cukup besar.  Jika ditanggung oleh kantor, maka pasangan bisa lebih tenang. Untuk pekerja freelance, setidaknya sudah mulai menghitung perkiraan kebutuhannya.

Keenam, perlengkapan bayi. Untuk menghemat biaya, tak ada salahnya menggunakan warisan dari saudara atau teman.

Ketujuh, dana pendidikan anak. Meski sang anak masih di dalam perut, tak ada salahnya menyiapkan dana pendidikan sejak dini, bahkan ada pasangan yang mulai memikirkanya sejak mereka menikah. Untuk keperluan ini, mulailah berinvestasi pada instrumen seperti saham atau reksadana.

Pria kelahiran Tangerang, 16 Januari 1982 ini mengingatkan, selama disibukan dengan persiapan menyambut kehadiran anak, harus mendahulukan kebutuhan. “Jika kebutuhan telah terpenuhi maka dapat melanjutkan dengan keinginan,” katanya.

Jadi, Anda dan pasangan harus dapat membedakan mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang merupakan keinginan. Contoh sederhana, bayi membutuhkan tempat tidur yang aman dan nyaman, namun orangtua menginginkan membuat kamar khusus yang memiliki desain lucu dan menarik.

Nah, selamat menyambut buah hati Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper