Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK Sinergikan Tabungan Simpel dan Laku Pandai

Otoritas jasa keuangan (OJK) terus mengembangkan program Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) ke Bank Pembangunan Daerah Untuk meningkatkan inklusi keuangan di masyarakat.nn
Simpanan Pelajar. /Bisnis.com
Simpanan Pelajar. /Bisnis.com

Bisnis.com, KUKAR -- Otoritas jasa keuangan (OJK) terus mengembangkan program Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) ke Bank Pembangunan Daerah Untuk meningkatkan inklusi keuangan di masyarakat.

OJK meresmikan peluncuran Laku Pandai BPD Kaltim dilakukan di SMA Negeri 1 Samboja bersamaan dengan peluncuran produk Simpanan Pelajar (Simpel).

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengatakan peresmian Laku Pandai dan Produk Simpel BPD Kaltim merupakan salah satu bentuk komitmen BPD Kaltim sesuai program transformasi BPD 2015 yang bertujuan untuk menjadikan BPD lebih kompetitif, lebih kuat, dan lebih kontributif terhadap perekonomian daerah.

Program transformasi BPD diluncurkan di istana negara oleh presiden republik Indonesia pada 26 Mei 2015 dan dikoordinasikan bersama antara OJK, kemendagri, dan Asbanda.

Program Laku Pandai dirilis oleh OJK pada 27 Maret 2015 dengan tujuan untuk mempermudah kegiatan perbankan, khussnya bagi masyarakat di daerah yang sulit menjangkau fasilitas perbankan.

Konsep laku pandai adalah kemitraan antara BPD Kaltim dengan agen Laku Pandai adalah kemitraan antara BPD Kaltim dengan agen laku pandai yang menjadi perantara BPD Kaltim dan nasabah dalam aktivitas perbankannya.

Dia menambahkan saat ini sudah terdapat enam bank konvensional dan satu bank syariah yang menjalankan program Laku Pandai.
BPD Kaltim merupakan BPD pertama yang meluncurkan program ini.

"Kita ingin ada BPD lain yang mengikuti jejak BPD Kaltim sehingga program Laku Pandai ini semakin menyebar ke seluruh daerah dan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya di SMAN 1 Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Selasa (15/12/2015).

Program Laku Pandai BPD Kaltim berbasis tabungan dengan fitur dapat dimiliki oleh perorangan dalam mata uang rupiah, bebas biaya administrasi dan biaya transaksi transfer masuk maupun pemindahbukuan, memperoleh bunga, maksimum saldo senilai Rp20 juta dan maksimum transkasi per bulan Rp5 juta untuk tarik tunai maupun transfer. Simpanan ini juga memperoleh bunga dan dijamin LPS.

Kegiatan peluncuran Program Laku Pandai BPD Kaltim dilakukan bersamaan dengan peluncuran produk Tabungan Simpel, sebuah produk tabungan yang diperuntukkan bagi siswa PAUD, TK, SD, SMP, SMA, Madrasah (MI, MTs, MA) atau sederajat yang berusia di bawah 17 tahun dan belum memiliki KTP.

"Pembukaan rekening tabunhan Simpel dilakukan melalui kerjasama antar sekolah dengan bank," kata Muliaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper