Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Akan Selesaikan Holding BUMN Perkebunan

Kementerian BUMN menyatakan bakal merampungkan proses pembentukan holding perusahaan milik negara yang bergerak di sektor perkebunan yang sampai saat ini belum selesai.
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 17 Desember 2015  |  19:15 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--- Kementerian BUMN menyatakan bakal merampungkan proses pembentukan holding perusahaan milik negara yang bergerak di sektor perkebunan yang sampai saat ini belum selesai.

Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius Kiik Ro mengatakan di dalam holding tersebut akan ada perusahaan yang mengelola sektor teh, kopi, minyak sawit dan sebagainya.

“Sehingga fokus intinya berdasarkan komoditas,” katanya ketika ditemui seusai menghadiri seminar Reshaping, Sharpening and BUMN Outlook 2016, Kamis (17/12).

Seperti diketahui, sekitar 14 BUMN sektor perkebunan telah digabungkan menjadi satu holding perkebunan di bawah PT Perkebunan Nusantara III (Persero). Gagasan pembentukan holding perkebunan telah bergulir sejak Menteri BUMN dijabat oleh Dahlan Iskan.

Di samping itu, Aloysius memaparkan salah satu perusahaan yakni PTPN VII berencana melakukan penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) pada 2016. Menurutnya, perusahaan tersebut telah berkomunikasi dengan Kementerian BUMN terkait rencana IPO tersebut.

Sebelumnya, Direktur Keuangan PTPN VII Agoes Riyanto memaparkan tim tersebut bakal menyiapkan rencana pelepasan 30% saham perseroan dengan target dana sekitar Rp1,5 triliun.

Agoes mengatakan pihaknya belum dapat memastikan waktu pelaksanaan IPO tersebut. Pelaksanaan aksi korporasi itu diperkirakan bakal menggunakan laporan keuangan per 31 Desember 2015 atau 30 Juni 2016.

Menurutnya, aksi korporasi itu akan sangat ditentukan oleh situasi pasar modal serta situasi harga komoditas perkebunan. Agoes mengatakan pihaknya akan mencermati sejumlah faktor tersebut sebelum memutuskan untuk IPO

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bumn ptpn bumn perkebunan holding bumn
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top