Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank OCBC NISP Raih Indonesia Most Trusted Company

PT Bank OCBC NISP Tbk kembali meraih prestasi dengan mempertahankan predikat Indonesia Most Trusted Company untuk keempat kalinya.
Bank OCBC NISP Tbk./JIBI
Bank OCBC NISP Tbk./JIBI
Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank OCBC NISP Tbk kembali meraih prestasi dengan mempertahankan predikat Indonesia Most Trusted Company untuk keempat kalinya.
 
Penghargaan tertinggi ini diberikan kepada Bank OCBC NISP karena berhasil menerapkan prinsip tata kelola perusahaan atau Good Corporate Governance (GCG) dengan baik berdasarkan Corporate Governance Perception Index (CGPI).
 
CGPI award merupakan penghargaan prestisius dibidang GCG bagi perusahaan-perusahaan publik, BUMN, BUMD maupun perusahaan non publik.
 
Penghargaan yang digelar oleh The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) bekerjasama dengan majalah SWA mengambil tema GCG dalam Perspektif Penciptaan Nilai.
 
Melalui tema ini, penerapan GCG diharapkan bukan semata-mata untuk memenuhi kewajiban (compliance) tetapi juga menciptakan nilai yang berkelanjutan.
 
IICG menggunakan 12 aspek yang menjadi dasar/index dalam proses penilaian yaitu transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi dan fairness didukung pula oleh aspek komitmen, kerjasama, kepemimpinan, kompetensi, nilai moral, etika serta visi dan misi perusahaan.
 
Penilaian dilakukan secara ketat melalui empat tahapan yaitu penilaian mandiri (self assesment) dengan responden dari internal dan eksternal bank, penyampaian dan kelengkapan dokumen, penyusunan makalah, serta observasi team juri untuk menguji makalah yang disertai verifikasi proses dari data dan informasi yang telah dikirim sebelumnya.
 
"Kami sangat bangga dengan kembali ditetapkannya Bank OCBC NISP sebagai Indonesia Most Trusted Company dalam CGPI award ini. Pencapaian dan prestasi yang kami terima ini merupakan pengakuan sekaligus tantangan bagi kami untuk senantiasa menerapkan tata kelola perusahaan yang lebih baik lagi di masa yang akan datang," ujar Presiden Direktur Bank OCBC NISP Parwati Surjaudaja dalam siaran pers, Jumat (18/12/2015).
 
IICG sebagai penyelenggara CGPI award adalah lembaga nirlaba yang berkomitmen mendorong praktik GCG atau Tata Kelola Perusahaan yang baik di Indonesia dan mendukung serta membantu perusahaan-perusahaan dalam menerapkan konsep Tata Kelola (Corporate Governance).
 
"IICG mendukung penegakkan Good Governance di Indonesia dengan fokus memasyarakatkan dan mengembangkan konsep governance yang sesuai dengan konteks Indonesia, salah satunya adalah melalui kegiatan pemeringkatan dan program riset," katanya.
 
Selain itu, IICG juga berupaya mendorong perusahaan untuk senantiasa meningkatkan kualitas penerapan Corporate Governance dan bisnis yang beretika secara sistematis berkelanjutan melalui serangkaian pengelolaan pengetahuan dan pengalaman agar dapat menciptakan nilai tambah secara berkelanjutan.
 
Parwati menambahkan pada tahun yang sama, prestasi dalam implementasi tata kelola perusahaan juga berhasil diraih Bank OCBC NISP, yaitu "Best Responsibility of The Boards" dalam ajang 7th Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD) di Jakarta serta Outstanding Achievement Award untuk kategori Top Public Listed Companies di ASEAN Corporate Governance Scorecard 2015 Manila, Filipina.
 
"Kepercayaan yang tinggi kepada Bank OCBC NISP merupakan motivasi untuk senantiasa memberikan nilai tambah dan kualitas terbaik kepada seluruh stakeholder, selaras dengan komitmen Bank OCBC NISP menjadi Your Partner for Life," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yanita Petriella
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper