Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jiwasraya Ditargetkan Kuasai 40% Pasar Asuransi Jiwa

Pemerintah menargetkan Badan Usaha Milik Negara PT Asuransi Jiwasraya menguasai 40% market industri asuransi jiwa di 2019.

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah menargetkan Badan Usaha Milik Negara PT Asuransi Jiwasraya menguasai 40% market industri asuransi jiwa di 2019.

De Jong Adrian, Direktur PT AsuransiJiwasraya, mengatakan untuk merealisasikan target ini pihaknya mengoptimalkan seluruh kapasitas perusahaan. Dia optimis target ini dapat direalisasikan.

"Di 2015 kami tumbuh 62%, tahun ini target kami dapat tumbuh 70%," kata De Jong di sela peluncuran Indonesia Marketeers Festival 2016 di Jakarta, akhir pekan lalu.

Untuk merealisasikan target ini pihaknya telah menerapkan sejumlah strategi.

De Jong mengatakan pihaknya memilih pasar yang tidak telalu ramai.

Pada saat industri ramai menyasar pasar unit-linked, Jiwasraya kata dia, memaksimalkan produk dwiguna yang memberikan kepastian imbal hasil dan perlindungan jiwa.

Strategi lain yang diterapkan yakni perluasan chanel distribusi, selain bermitra dengan perbankan pihaknya juga menyasar komunitas yang memiliki jaringan secara nasional.

"Untuk 2016 kami tengah penjajakan dengan sejumlah pihak ," kata De Jong.

Dengan penambahan mitra ini, Jiwasraya menargetkan dapat meningkatkan pemasaran hingga 120%. Dia mengatakan pihaknya berharap dapat membukukan premi Rp11 triliun dari lini ini pemasaran lini perbankan dari capaian akhir 2015 sebesar Rp5 triliun lebih.

Perluasan chanel distribusi ini juga dengan meningkatkan tenaga pemasaran. Tahun ini pihaknya akan meningkatkan tenaga pemasaran dari saat ini lebih dari 100% yakni dari saat ini 13.000 tenaga pemasaran menjadi 27.000 di akhir 2016.

"Kami akan menambah 14.000 tenaga pemasar baru," katanya.

De Jong tidak menyebutkan target tenaga pemasar perusahaan hingga 2019. Akan tetapi dia memastikan pihaknya akan merekrut sesuai kebutuhan.

Sedangkan strategi terakhir yang diterapkan untuk jadi market leader ini adalah menghadirkan produk spesifik. De Jong menjelaskan pihaknya mencatat tingginya pertumbuhan keluarga muda membuat perusahaan menyesuaikan produk Jiwasraya dengan segmen ini. Selain itu perusahaan menyasar pasar tenaga aktif yang usianya menjelang pensiun.

"Segmen ini 7% dari tenaga kerja formal yang mencapai 14 juta orang," katanya.

Dia mengatakan produk spesifik ini memberikan hasil yang baik untuk perusahaan. Bahkan untuk pasar asuransi calon pensiunan ini pihaknya telah meraup Rp816 miliar dalam 1,5 bulan.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menargetkan perusahaan asuransi pelat merah baik umum maupun jiwa menguasai 40% industri. Untuk merealisasikan ini dilakukan sinergi antar perusahaan negara. Selain itu juga dilakukan penggabungan untuk usaha sejenis dengan membentuk holding.

GatotTrihargo, Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Survei dan Konsultasi Kementerian BUMN, menjelaskan peta jalan BUMN sektor jasa keuangan dan perbankan memuat rencana pembentukanholdingasuransi milik negara pada 2017.

Menurut dia, langkah tersebut diharapkan dapat memperkuat raihan pangsa pasar asuransi pelat merah yang hingga akhir tahun lalu baru di bawah 20%.

Gatot mengungkapkan penetrasi asuransi tersebut akan dikombinasikan dengan perbankan. Di sisi lain, ujarnya, ekspansi tersebut mensyaratkan adanya sebuah sistem teknologi informasi yang kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Anggara Pernando
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper