Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EDUKASI DUIT: Memulai Usaha dengan Jurus Amphibi

Kita harus memiliki imajinasi bahwa bisnis itu ada dunia dunia katakan seperti amphibi hidup di air dan di darat. Nah, yang kelihatan di depan mata kita itu dunia daratan yaitu bisnis tunai atau cash.
Goenardjoadi Goenawan. / Bisnis-swi
Goenardjoadi Goenawan. / Bisnis-swi

Bagaimana petunjuk menjadi pengusaha kaya? Saya sering membaca kajian mengenai doa-doa pembuka rejeki, tetapi jarang ada yang secara teknis secara logika membuka tabir misteri rejeki.

Mengapa? Kita harus memiliki imajinasi bahwa dalam bisnis itu ada dua dunia katakan seperti amphibi yang hidup di air dan di darat. Nah, yang kelihatan di depan mata kita itu dunia daratan yaitu bisnis tunai atau cash. Dunia airnya belum kelihatan.

Anda berangkat bawa ayam, tepung bumbu, penggorengan di mall. Lalu ayam itu Anda goreng, dijual, kemudian Anda dapat uang cash. Setelah itu bayar ke supplier Anda, sisanya jadi profit.

Permasalahannya adalah profit itu seperti buah. Katakanlah buah pisang, mangga, durian dll. Tahukah kita bahwa 80% pohon itu bukan diambil buahnya. Misalnya pohon jati, itu kalau ibarat profit, hanya daunnya, daun jati. Kita tidak pernah kebagian batangnya, yakni kayu jati.

Demikian pula bambu. Kalau kita bayangkan profit itu adalah rebung, sayuran rebung. Tapi batang bambu itulah sebenarnya yang besar manfaatnya.  Menjadi pengusaha kaya di Indonesia itu seperti tadi dijelaskanm ada dua dunia. Dunia daratan adalah cash tunai. Dunia yang lebih besar adalah dunia rantai U(t)ang.

Coba Anda perhatikan, banyak orang kaya, tapi tidak bisa menjadi pengusaha. Masalahnya yang biasa dengan dunia darat tadi tidak bisa dengan mudah masuk ke air. Misalnya Anda bikin syrop kurma, lalu Anda jual ke toko-toko dalam bentuk U(t)ang. Ini seperti Anda masuk ke kolam air, jalan 1 menit Anda kelebekan kekurangan nafas. Semua customer Anda terbiasa U(t)ang.

Dakam masuk ke "dunia air" ini perlu diperhatikan:
1. Apakah Anda memiliki track record credit record customer? Bila tidak, bagaimana Anda bisa berani memberi U(t)ang. Apa dasarnya? Oleh karena itu bila tanpa data credit record Anda cek bunga kartu kredit 90% per tahun. Sungguh sulit memberikan U(t)ang.

2. Setelah Anda punya credit record customer, masalah berikutnya adalah atas dasar power apa Anda bisa menagihnya?

Inilah misteri tabir rahasia menjadi pengusaha kaya di Indonesia karena sifatnya rantai U(t)ang.

Doa apakah yang bisa membuka rezeki? Doa ini sering setiap hari kita ucapkan artinya: semoga damai, mendapat ampunan, dan berkah Tuhan untuk Anda.

Untuk bisa menyelami rahasia dunia bisnis, pengusaha masuk ke dunia rantai U(t)ang kadang kita masuk di antara mereka sudah terjalin turun temurun. Bapaknya jualan korden, anaknya jualan korden. Nah, yang diwariskan adalah credit record customers.

Untuk bisa dekat mereka anda harus menerima perbedaan, memaafkan mereka, dan datang dengan damai, bersyukur. Barulah Anda paham siapa-siapa customers yang anda berikan U(t)ang dan bagaimana anda mau menagihnya.

Penulis
Goenardjoadi Goenawan
Konsultan dan motivator tentang paradigma baru tentang uang. Penulis 10 buku manajemen, termasuk "Rahasia Kaya, Jangan Cintai Uang", "Money Intelligent: Rahasia Kaya, Mulai Berbisnis" yang baru terbit. goenardjoadi @ gmail.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper